Pria Jatim Bobol Toko HP di Badung, Ditangkap saat Polisi Olah TKP

Pria Jatim Bobol Toko HP di Badung, Ditangkap saat Polisi Olah TKP

Sui Suadnyana - detikBali
Sabtu, 30 Apr 2022 16:13 WIB
Pelaku pembobolan toko ponsel di Banjar Samu, Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabulaten Badung ditangkap.
Pelaku pembobolan toko ponsel di Banjar Samu, Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung ditangkap. (Foto: Dok. Polsek Abiansemal)
Badung -

Seorang pria di Bali bernama Mohamad Faris Duan Satria (30) nekat membobol sebuah toko handphone (HP) Nadi Suari Cell di Banjar Samu, Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Ia nekat menggasak berbagai jenis barang di toko itu guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Pelaku mengakui melakukan aksi pencurian tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto dalam keterangannya yang dikutip detikBali, Sabtu (30/4/2022).


Pria asal Desa Selodono, Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) melakukan aksi pembobolan toko ponsel itu pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 00.30 WITA.

Ia beraksi dengan memanjat tembok dan menjebol plafon toko ponsel tersebut.

Ruli mengatakan, pemilik toko bernama Wellky Santoso mengetahui aksi kejahatan pria tersebut karena mendapat telepon dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Mekar Bhuwana Aiptu Nyoman Nurgita pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 01.30 WITA. Saat itu, Nurgita mengatakan bahwa toko milik Wllky dibobol maling.

Wellky kemudian bergegas berangkat ke tokonya setelah mendapatkan informasi tersebut.

Ia kemudian sampai di tokonya kurang-lebih 30 menit dan langsung bertemu dengan Nurgita. Saat itu ada beberapa warga di lokasi yang melihat toko miliknya.

Wellky lalu masuk ke dalam toko guna mengecek barang-barang yang hilang. Usai itu, ia langsung mendatangi Polsek Abiansemal untuk mengecek kembali barang-barang yang hilang. Sebab pelaku bersama barang buktinya sudah diamankan di Mapolsek Abiansemal.

Adapun berbagai barang yang berhasil diembat oleh pelaku yaitu berupa 6 enam buah ponsel servis berbagai merek, 5 buah modem WiFi, 1 buah unit laptop merek Asus, 2 buah kamera merek Nikon dan Canon, 51 biji kartu perdana dan voucher berbagai jenis, 5 buah memori, 11 sparepart, 1 buah hard disk drives (HDD) eksternal, 3 buah handsfree dan 4 buah flashdisk. Akibatnya, pemiliki toko mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

Selain mengamankan barang-barang curian, polisi juga sudah berhasil menyita kartu tanda penduduk (KTP) atas nama pelaku dan 1 unit sepeda motor mereka Honda Grand dengan nomor polisi DK-4070-GH. Sepeda motor tersebut dikendarai pelaku saat menuju lokasi pencurian.

Sebelum pelaku ditangkap, polisi sudah terlebih dahulu mendapatkan informasi mengenai adanya pembobolan toko ponsel Nadi Suari Cell dari masyarakat. Polisi kemudian melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP).

Awal ditangkapnya pelaku karena polisi curiga dengan keberadaan sebuah sepeda motor merek Honda Grand DK-4070-GH di lokasi. Kemudian ada seseorang yang mencurigakan yang terlihat lari ke arah barat.

Polisi bersama warga kemudian melakukan pengejaran sehingga pelaku berhasil diamankan di Jalan Raya Mambal.

"Pelaku mengakui melakukan aksi pencurian tersebut seorang diri dengan mengendarai Sepeda Motor Honda Gren ,dengan nomor Plat DK 4070 GH. Pelaku mengakui masuk ke dalam dengan cara memanjat tembok dan menjebol plafon toko," terang Ruli.

Atas aksi tindak pidananya itu, polisi mengganjar pelaku dengan Pasal 363 Kita Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. Ia kini terancam pidana paling lama 7 tahun penjara.



Simak Video "Soal UU KUHP, Guru Besar Unnes Minta Penegak Hukum Diberi Pelatihan"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)