Diguyur Hujan Deras, Pondasi Kantor Desa Bengkala Kubutambahan Jebol

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Jumat, 27 Mei 2022 02:27 WIB
Kondisi Pondasi Kantor Desa Bengkala Yang Alami Jebol
Kondisi Pondasi Kantor Desa Bengkala Yang Alami Jebol. Foto:ist
Buleleng -

Pondasi Kantor Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng jebol pada, Kamis (26/5/2022). Pondasi dengan panjang mencapai 20 meter dan tinggi 3 meter itu mengalami jebol akibat diguyur hujan deras yang berlangsung cukup lama.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan bahwa jebolnya senderan Kantor Desa Bengkala itu terjadi sekitar pukul 13.30 wita.

Pondasi tersebut jebol, kata Ariadi diduga terjadi lantaran pondasi tidak kuat menahan guyuran air hujan yang cukup deras. Akibatnya sebagian akses jalan menuju SD 1 Bengkala tertutup oleh material longsoran.


"Sementara sih dugaannya karena pondasi di kantor desa tidak kuat menahan debit air yang masuk ke tanah sehingga jebol," kata Ariadi saat dikonfirmasi, Kamis, (26/5/2022).

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai Rp 25 juta. Kondisi bangunan kantor desa tidak kerusakan apapun. Tetapi penanganan sesegera mungkin perlu dilakukan guna menghindari kerusakan bangunan kantor desa nantinya.

"Kondisi bangunan kantor desa masih utuh, hanya saja pondasinya yang mengalami kerusakan," imbuhnya.

Selanjutnya pihak desa berencana untuk melakukan gotong royong untuk membersihkan material longsor yang masih menutupi sebagian akses jalan menuju SD 1 Bengkala pada Jumat (27/5/2022).

"Untuk pembersihan material rencananya besok akan diadakan gotong royong oleh aparat desa dan masyarakat," tukasnya.



Simak Video "Momen Evakuasi Korban Longsor di Kolombia yang Tewaskan Belasan Nyawa"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)