Tiga Pemuda Buleleng Ditangkap, Polisi Amankan Sabu-sabu Hampir 1 Ons

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Kamis, 11 Agu 2022 14:43 WIB
Polres Buleleng press reales pengungkapan 3 tersangka narkoba, Kamis (11/8/2022).
Polres Buleleng press reales pengungkapan 3 tersangka narkoba, Kamis (11/8/2022).(Foto: Made Wijaya Kusuma )
Buleleng -

Sebanyak tiga orang tersangka penyalahguna narkotika ditangkap tim Satuan Reserse Narkoba Polres Buleleng.

Ketiga tersangka ini ditangkap di lokasi berbeda.

"Selama 1 bulan belakangan (Juli-Agustus 2022) ini, kami mendapatkan 3 orang tersangka narkoba," kata Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, saat merilis tersangka narkoba di Mapolres Buleleng, Kamis (11/8/2022).


Ketiga tersangka yang diringkus polisi, itu yakni masing-masing berinisial LA, GA, dan WE.

Dari 3 tersangka tersebut polisi mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu dengan total berat neto mencapai 85,91 gram.

Dijelaskannya, ketiga tersangka bukan merupakan sindikat. Mereka ditangkap secara bertahap di tempat dan waktu yang berbeda.

"Mereka ditangkap di TKP yang berbeda, bukan jaringan yang sama. Mereka juga tidak mengenal satu sama lain," imbuh AKBP Made Dhanuardana

AKBP I Made Dhanuardana menjelaskan, polisi pertama kali menangkap tersangka LA (24).

Penangkapan dilakukan pada hari Selasa 5 Juli 2022 pukul 21.00 Wita di Banjar Dinas Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Dari penggeledahan yang dilakukan terhadap tersangka ditemukan barang bukti berupa bungkusan plastik warna biru yang di dalamnya berisi bungkusan tas plastik warna putih.

Dimana setelah dibuka terdapat 1 buah kotak rokok sampoerna yang didalamnya terdapat 1 plip besar berisi butiran kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu, dengan berat 84,78 gram brutto atau 83,72 gram netto.

Kemudian pada Hari Minggu 17 Juli 2022 pukul 20.30 Wita polisi kembali mengamankan tersangka lain yakni GA. GA ditangkap di Jalan Laksamana Banjar Dinas Galiran, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Dari tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa 2 paket potongan sedotan warna kuning dan merah yang didalamnya berisi butiran kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 0,09 gram brutto atau 0,06 gram netto.

Lalu tersangka terakhir yang ditangkap yakni WE (33). Ia ditangkap pada Minggu 7 Agustus 2022 sekitar pukul 17.30 Wita, di Kosnya yang berada di Jalan Hasanudin Gang At Taufik, Kampung Kajanan, Buleleng.

Dari tersangka ketiga ini, polisi menyita 1 paket plastik yang berisi butiran kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 0,84 gram brutto atau 0,64 gram netto.

"Kasus ini masih kami dalami untuk jalur peredaran baik itu distribusi, penyimpanan, sampai kepemilikan masih kami dalami. Termasuk modus operandi dari masing-masing tersangka," tukasnya.

Selanjutnya, atas perbuatannya, ketiganya disangka melanggar Pasal 112 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun penjara dan pidana pidana paling rendah Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar.



Simak Video "Polisi di Parepare Gagalkan Penyelundupan 11 Kg Sabu-sabu"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)