Apa Konsekuensi Dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan? Ini Penjelasannya

Apa Konsekuensi Dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan? Ini Penjelasannya

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 22 Agu 2022 15:00 WIB
Naskah Proklamasi, Cek Sejarah dan Isinya di Sini
Konsekuensi dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan. Foto: (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta -

Proklamasi kemerdekaan adalah norma pertama atau norma dasar tata hukum Indonesia. Oleh sebab itu, proklamasi menjadi basis untuk berlakunya segala aturan hukum lainnya.

Disebutkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII tulisan A.T. Sugeng Priyanto dkk., hakikat dari proklamasi kemerdekaan adalah pengumuman kepada semua rakyat Indonesia mengenai adanya kemerdekaan. Konsekuensi dari proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ditetapkannya UUD 1945 sebagai konstitusi.

Proklamasi kemerdekaan tak dapat dipisahkan dengan UUD 1945, utamanya pada bagian pembukaan. Keduanya adalah kesatuan yang bulat. Apa yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 adalah amanat luhur dan suci proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Di samping memiliki konsekuensi, proklamasi kemerdekaan RI juga memiliki berbagai macam makna. Apa saja?

Lima Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Mengutip buku Sejarah 3 SMA Kelas XII karya Sardiman, proklamasi 17 Agustus 1945 adalah pernyataan de facto. Berikut ini beberapa maknanya bagi bangsa Indonesia:

1. Puncak perjuangan kemerdekaan

Bangsa Indonesia telah menghabiskan pengorbanan baik dalam hal waktu, tenaga, dan lainnya untuk menentang penjajah. Kemerdekaan yang sudah dicapai adalah tahap akhir sejarah perjuangan dalam mengusir kolonialisme.

2. Bangsa Indonesia memperoleh kebebasan

Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia berarti kebebasan dari penindasan dan penjajahan. Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, maka Indonesia bisa menentukan nasibnya sendiri dan bertanggung jawab secara mandiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.

3. Awal revolusi baru

Proklamasi kemerdekaan dikatakan sebagai dimulainya revolusi karena terdapat perubahan yang mendasar dan cepat. Perubahan itu adalah pemindahan kekuasaan dari negara jajahan ke negara yang merdeka dan berdaulat dan diselenggarakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Sesudah itu juga dibentuk berbagai badan kelengkapan negara untuk menggantikan perangkat pemerintahan era penjajahan.

4. Berkah Tuhan Yang Maha Esa dan hasil perjuangan bangsa Indonesia

Kemerdekaan bukanlah hadiah dari Jepang seperti yang dijanjikan. Kemerdekaan Indonesia didapat dengan perjuangan yang berat dan penuh pengorbanan, baik itu jiwa, raga, ataupun harta.

5. Pintu gerbang untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur

Kemerdekaan adalah fase yang amat penting untuk meneruskan perjuangan ke fase berikutnya. Bangsa Indonesia juga harus dapat mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan berbagai pembangunan.

Itulah konsekuensi proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi bangsa Indonesia.



Simak Video "La Nyalla Sebut Isi UUD 1945 Telah Berubah 95%, Ini Penjelasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia