Jejak Ferdy Sambo: Dulu Tangkapi Pelajar Demonstrasi, Kini Dibui Polri

Jejak Ferdy Sambo: Dulu Tangkapi Pelajar Demonstrasi, Kini Dibui Polri

Tim DetikJatim - detikJatim
Selasa, 30 Agu 2022 18:47 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Brigjen Ferdy Sambo.
Ferdy Sambo saat menjabat sebagai Dirtipidum Polri pernah menangkap pelajar yang demo omnibus law. (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo diberhentikan secara tidak hormat dalam putusan sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP). Putusan itu merupakan buntut dirinya terlibat dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sambo sendiri selama ini telah dikurung atau menjalani penempatan khusus (patsus) di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok. Sambo dipatsus setelah diperiksa di gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (6/8/2022).

Penahanan Ferdy Sambo ini kontras dengan aksinya saat masih menjabat Dirtipidum Polri. Kala itu, Sambo masih berpangkat Brigjen Pol. Sambo tercatat gencar menangkapi pelajar SD hingga STM dan SMA yang terlibat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja atau Omnibus Law pada tahun 2020.

Dari data pemberitaan detikNews, tercatat Sambo bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat itu telah menangkap sebanyak 131 pelajar, 69 orang di antaranya ditetapkan tersangka dan ditahan di Polda Metro Jaya.

Tak hanya itu, Sambo juga menangkap sejumlah admin media sosial yang dianggap sebagai provokator se-Jabodetabek. Demonstrasi tolak omnibus law sendiri berlangsung pada tanggal 8 hingga 13 September 2020 serentak di seluruh daerah di Indonesia.

Para admin tersebut ditangkap terkait dugaan penghasutan yang berujung tindakan anarkis saat demonstrasi tolak Omnibus Law yang berakhir ricuh. Total yang ditangkap dan ditahan ada 7 orang admin.

"Hari Senin (19/10/2020) tim gabungan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri melakukan penangkapan, 3 (tiga) tersangka admin WAG STM Se-Jabodetabek, 3 (tiga) tersangka admin Facebook Se-Jabodetabek dengan jumlah follower lebih dari 21.000 anggota. 1 (satu) TSK admin IG Panjang Umur Perlawanan," kata Dirtipidum Brigjen Ferdy saat itu.

"Tersangka melakukan ajakan dan penghasutan pada demo anarkis hari Kamis (8/10) dan Selasa (13/10) di Jakarta," lanjutnya.

Saat Sambo tangkapi pelajar hingga pengangguran di demo omnibus law. Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Kompol Baiquni Wibowo Diberhentikan Tidak Hormat Terkait Kasus Sambo!"
[Gambas:Video 20detik]