Sorot

Melihat Lagi Sederet Kasus Penyiksaan dan Penelantaran Kucing

Tim detikJatim - detikJatim
Jumat, 30 Sep 2022 15:15 WIB
kucing-kucing di malang yang berkeliaran
Kucing di Perumahan Patraland Place Kota Malang. (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Surabaya -

Belakangan ini video viral kucing mati hampir bersamaan diduga diracun di perumahan Kota Malang jadi perhatian warganet. Ada 4 kucing mati dan 11 kucing dilaporkan hilang.

Polisi yang menangani kasus itu baru-baru ini menyatakan tidak menemukan bukti mengenai dugaan kucing sengaja diracun di perumahan Patraland Place Kota Malang.

Sebelumnya, kasus itu bermula dari unggahan video yang viral di media sosial. Video itu diunggah di grup Facebook Cat Lover In The World (CLOW) Malang.

Pendiri CLOW Malang Bimbim membenarkan postingan itu diunggah setelah mendapat informasi bahwa ada sejumlah kucing yang mati karena keracunan.

"Temuan itu kan sempat meresahkan cat lovers yang tinggal di perumahan. Sebab, kucing pribadi ada yang kena racun. Ini sebelumnya sempat diunggah di media sosial cuman tidak ada respons dan tindakan," ujarnya kepada detikJatim, Minggu (25/9/2022).

Ia menyayangkan ada oknum yang nekat meracuni kucing-kucing di perumahan itu. Menurut Bimbim ada cara yang lebih manusiawi jika memang keberatan dengan kehadiran kucing di perumahan.

"Di mana-mana kan memang ada kucing. Tapi ada solusi lain bukan diracun. Mungkin bisa direlokasi atau diseterilisasi," terang Bimbim.

Terlepas dari kasus tersebut, sebelum ini sempat terjadi beberapa kasus penganiayaan maupun penelantaran yang telah ditangani pemerintah maupun kepolisian.

Kucing ditelantarkan di ruko hingga kelayakan hidup tak diperhatikan. Baca di halaman selanjutnya.