Geger Cuitan di @polseksrandakan, Polres Kumpulkan Admin Polsek Se-Bantul

Geger Cuitan di @polseksrandakan, Polres Kumpulkan Admin Polsek Se-Bantul

Pradito Rida Pertana - detikJateng
Selasa, 04 Okt 2022 10:57 WIB
Tangkapan layar cuitan Polsek Srandakan.
Tangkapan layar cuitan Polsek Srandakan. (Foto: Tangkapan layar)
Bantul -

Akun Twitter Polsek Srandakan, Bantul @polseksrandakan jadi sorotan usai sempat posting komentar tak pantas soal tragedi Kanjuruhan. Polres Bantul mengumpulkan seluruh admin medsos dan humas Polsek jajaran untuk diberi arahan terkait pengolahan medsos.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengaku telah mengumpulkan para Kasi Humas Polsek jajaran dan pemegang akun medsos, Senin (3/10/).

"Kemarin kita sudah mengingatkan kembali bahwa akun medsos adalah wajah Polri dalam dunia maya. Sehingga perlu tindakan pengendalian dan pengawasan ketat oleh pemegang akun resmi yang dikelola," katanya saat dihubungi detikJateng, Selasa (4/10/2022).


Dalam arahan tersebut, Jeffry meminta semua pemegang medsos Polsek adalah Kasi Humas tiap Polsek. Semua itu agar akun medsos masing-masing Polsek tidak disalahgunakan oleh pihak yang bertanggungjawab.

"Selain itu tingkat keamanan dari medsos harus betul-betul diperhatikan. Seperti merubah password secara berkala, mengaktifkan fitur keamanan dari aplikasi medsos yang dikelola hingga upaya verifikasi medsos melalui nomor telepon," ujarnya.

Jeffry juga meminta semua jajaran humas Polsek merangkai langkah prosedur postingan di medsos. Seperti halnya penggunakan komunikasi dengan pemilihan kata atau bahasa yang tepat dan sopan santun dan tidak mengandung unsur sara atau aksi kekerasan.

"Lalu memberikan berita yang diinfokan adalah benar dan itu menjadi hal utama yang perlu ditekankan. Selanjutnya menghargai karya orang atau pihak lain dengan mencantumkan sumber sebagai bentuk menghargai pemilik asli konten dan terakhir memberikan informasi internal sewajarnya," ucapnya.

Terakhir, Jeffry juga menyebut bakal meningkat patroli siber terhadap akun medsos di wilayah hukum Polres Bantul. Hal tersebut agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

"Dan juga meningkatkan patroli siber, bukan hanya akun masyarakat tetapi juga akun resmi untuk saling mengingatkan," katanya.

Simak cuitan @polseksrandakan yang bikin heboh di halaman selanjutnya...