Urutan Nama Planet Tata Surya, Lengkap dengan Penjelasan NASA

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 27 Jul 2022 02:00 WIB
An CG astronaut in a modern space suit, connected to a tethered lifeline floats in deep space and looks at the lights of planet earth as the sun rises. Distant stars and galaxies are visible in the background. Credit: NASA https://earthobservatory.nasa.gov/images/79790/city-lights-of-asia-and-australiaand ESO for background images.
Astronot NASA. Foto: Getty Images/iStockphoto/peepo
Solo -

Urutan nama planet tata surya menurut NASA (National Aeronautics and Space Administration) atau Badan Penerbangan dan Antariksa AS dimulai dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan diakhiri dengan Neptunus. Ke mana planet Pluto? Jangan lupa, planet Pluto telah dicabut statusnya sebagai 'planet ke sembilan' sejak 25 Agustus 2006 lalu. Berikut penjelasannya.

Dikutip dari laman resminya pada Selasa (26/7/2022), NASA menyebutkan ada banyak planet di galaksi kita. Namun, berdasarkan hitungan saat ini, planet yang mengorbit pada matahari hanya ada delapan.

NASA membagi urutan nama planet tata surya kita dalam dua bagian, yaitu dalam dan luar. Bagian dalam meliputi planet-planet berbatu yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.


Sedangkan bagian luar meliputi Jupiter dan Saturnus yang disebut sebagai dua 'gas raksasa'. Setelah itu ada Uranus dan Neptunus yang disebut sebagai 'es raksasa'.

Di luar Neptunus, ada kelas baru dunia kecil tempat planet kerdil berkuasa, termasuk Pluto. Di luar nama urutan planet tata surya kita masih ada ribuan planet lain. Para ilmuwan menyebutnya exoplanet atau planet 'dari luar'.

Dicabutnya status Pluto dari urutan nama planet tata surya dijelaskan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dalam laman resmi LIPI disebutkan bahwa hasil sidang umum Himpunan Astronomi Internasional ke-26 di Praha, Ceko, pada 25 Agustus 2006 mencabut status Pluto sebagai planet ke sembilan.

Pluto akhirnya dinyatakan sebagai benda angkasa biasa. Sebab, definisi planet yang baru salah satunya mensyaratkan tidak memiliki orbit atau jalan peredaran mengelilingi matahari yang memotong orbit planet lainnya. Sedangkan Pluto disebut sering menyimpang atau bersinggungan dengan orbit planet lain.

Berikut urutan nama planet tata surya, lengkap dengan penjelasannya dari NASA.

1. Merkurius (Mercury)

Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan matahari dalam urutan nama planet tata surya. Ukurannya sedikit lebih besar dari bulan. Dari Merkurius, matahari tampak tiga kali lebih besar daripada yang terlihat dari bumi. Sinar matahari di Merkurius juga tujuh kali lebih terang dari bumi.

Penjelasan Merkurius dan 7 planet lainnya silakan baca di halaman selanjutnya...