Adab Buka Puasa Senin Kamis sesuai Sunnah, Makan Kurma dan Berdoa

Adab Buka Puasa Senin Kamis sesuai Sunnah, Makan Kurma dan Berdoa

Devi Setya - detikHikmah
Senin, 28 Nov 2022 16:00 WIB
Jadwal buka puasa Bekasi hari ini dapat disimak lewat ulasan berikut. Informasi terlampir mencakup jadwal buka puasa Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi hari ini.
Sunnah buka puasa Senin Kamis makan kurma dan minum air putih Foto: Getty Images/iStockphoto/hayatikayhan
Jakarta - Puasa sunnah Senin-Kamis memang bukanlah ibadah wajib namun sering dijalankan Rasulullah SAW. Ketika puasa Senin-Kamis, ada adab yang bisa dilakukan saat berbuka puasa.

Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib, namun selain bulan tersebut bisa tetap menjalankan puasa sunnah. Seperti puasa Senin-Kamis yang dicontohkan Rasulullah SAW. Selain menambah ketaqwaan kepada Allah SWT, puasa sunnah juga bisa meningkatkan kesehatan.

Menurut buku Rahasia Sehat Berdasar Sunnah Rasulullah oleh Dr. H. Ridwan Abdullah Sani, M.Si., puasa dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Rasulullah SAW bersabda tentang anjuran puasa yang membuat badan sehat. Diriwayatkan al-Thabrani dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Berpuasalah, niscaya kalian sehat." (HR Thabrani).

Esensi puasa adalah menahan diri, bukan hanya dari makanan dan minuman saja namun juga menahan diri dari hawa nafsu. Demikian juga ketika waktu berbuka puasa tiba, hindari untuk berlebihan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Sesungguhnya termasuk berlebih-lebihan jika kamu memakan segala yang kamu inginkan." (HR Ibnu Majah).

Sunnah Buka Puasa Rasulullah SAW

Saat menjalani puasa sunnah, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti dzikir dan sedekah. Selain itu dianjurkan juga untuk menjalankan adab buka puasa sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dikutip dari buku Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW oleh Muhammad Ridho al-Thurisinai ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan saat buka puasa.

1. Menyegerakan Berbuka

Setelah tenggelam matahari, menjadi tanda waktu berbuka puasa. Rasulullah SAW menganjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Manusia akan terus berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka puasa." (HR Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

Rasulullah SAW juga selalu mendahulukan berbuka puasa sebelum mendirikan sholat maghrib. Disebutkan Anas RA, "Nabi Muhammad tidak mendirikan sholat maghrib sebelum beliau berbuka walau hanya dengan seteguk air." (HR Tirmidzi)

2. Berbuka dengan kurma dan air

Sunnah buka puasa selanjutnya adalah berbuka dengan kurma kering, kurma basah atau air putih. Dari ketiganya, yang paling afdhol adalah kurma kering sedangkan yang paling rendah adalah air.

Selain itu dianjurkan untuk berbuka dengan bilangan ganjil yakni tiga, lima, atau tujuh butir kurma. Diriwayatkan Anas bin Malik, "Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa kurma basah sebelum mendirikan sholat. Apabila tidak ada maka dengan kurma kering. Apabila tidak ada maka beliau meminum air." (HR Dawud).

3. Berdoa ketika buka puasa

Menjelang buka puasa, dianjurkan untuk berdoa. Sesungguhnya doa orang yang berpuasa termasuk dalam golongan yang akan dikabulkan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi."

Agar puasa sunnah Senin-Kamis menjadi ibadah yang bernilai pahala besar, upayakan untuk menjalani anjuran Rasulullah SAW.

Simak Video "Astronaut Arab Klaim Tak Wajib Puasa Ramadhan Saat di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)