ADVERTISEMENT

Apa Itu Sekolah Penggerak? Ini Tahap Transformasi dan 5 Programnya

Hanindita Basmatulhana - detikEdu
Selasa, 28 Jun 2022 13:00 WIB
Pendaftaran Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 masih dibuka hingga tanggal 28 Februari 2022
Foto: Doc. sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id
Jakarta -

Sekolah penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik. Upaya ini dilakukan dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, mencakup kompetensi dan karakter SDM terbaik.

Hal ini dijelaskan pada konten resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjudul Program Sekolah Penggerak.

Beberapa pihak yang terlibat dalam Program Sekolah Penggerak adalah Pemda, UPT (Pelatih ahli dan Pengawas), Platform Teknologi, Kepala Sekolah, Komite Orang tua, Komite Pembelajaran Guru, Mitra, Guru, dan Murid.

Transformasi Sekolah Indonesia

Ada 4 tahap transformasi sekolah di Indonesia yang dilihat dari 4 aspek, yaitu hasil belajar, lingkungan belajar, pembelajaran, serta refleksi diri dan pengimbasan.

Tahap 1:
Pada tahap ini, hasil belajar lebih dari atau sama dengan 3 tingkat di bawah level yang seharusnya. Keterangan lingkungan belajar adalah perundungan yang menjadi norma dengan pembelajaran yang secara rutin mengalami gangguan. Pada tahap ini, keterangan tidak menjelaskan adanya refleksi diri dan pengimbasan.

Tahap 2:
Hasil belajar pada tahap 2 berada di tingkat 1 sampai 2 yang seharusnya. Lingkungan belajar pada tahap ini menggambarkan adanya perundungan yang masih terjadi, tetap tidak menjadi norma seperti pada tahap 1. Pembelajaran belum memperhatikan kebutuhan dan tingkat kemampuan murid. Sama seperti tahap 1, tidak ada refleksi dan pengimbasan pada tahap 2.

Tahap 3:
Di tahap 3, hasil belajar murid sesuai dengan yang diharapkan, dengan lingkungan belajar tanpa perundungan. Pembelajaran pada tahap ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan murid. Refleksi diri dan pengimbasan berupa perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri. Tidak hanya itu, guru juga mulai melakukan refleksi diri dan perbaikan pembelajaran.

Tahap 4:
Pada tahap terakhir, hasil belajar murid melebihi tingkat yang diharapkan, dengan lingkungan belajar aman dan nyaman, serta inklusif juga menyenangkan. Pembelajaran pada tahap ini berpusat pada murid. Terdapat beberapa refleksi diri dan pengimbasan, yaitu 1.) perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri, 2.) Refleksi guru dan perbaikan pembelajaran, 3.) Guru beserta kepala sekolah melakukan pengimbasan

Program Sekolah Penggerak

Program sekolah penggerak merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan mutu belajar siswa. Program ini terdiri dari 5 intervensi yang bertujuan mengakselerasi sekolah yang bergerak pada tahap 1-2 agar lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran. Berikut program-program sekolah penggerak:

1. Pendampingan Konsultatif dan Asimetris

Program awal berupa dampingan yang diberikan oleh Kemendikbud kepada Pemerintah Daerah melalui Uji Pelaksana Teknis (UPT) terkait perencanaan Program Sekolah Penggerak.

2. Penguatan SDM Sekolah

Penguatan diberikan kepada SDM Sekolah mencakup, kepala sekolah, pengawas sekolah, penilik, dan guru. Penguatan dilakukan program yang disediakan oleh Kemendikbud berupa program pelatihan dan pendampingan intensif one to one yang diberikan oleh pelatih yang sudah profesional.

3. Pembelajaran dengan Paradigma Baru

Paradigma baru di sini maksudnya adalah pembelajaran yang dirancang sesuai dengan prinsip pembelajaran yang terdiferensiasi. Dengan begitu, siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing-masing.

4. Perencanaan Berbasis Data


Perencanaan dilakukan berbasis data yang bersumber dari refleksi diri sekolah. Diawali dengan membuat laporan potret kondisi kualitas pendidikan, kemudian menjadikannya sebagai bahan refleksi diri. Tahap selanjutnya merencanakan program perbaikan dan diakhiri dengan pendampingan oleh UPT dan atau eksper.

5. Digitalisasi Sekolah

Sekolah akan menggunakan berbagai macam platform digital dengan tujuan meminimalisir kompleksitas, meningkatkan efisiensi, dan menambah inspirasi serta melakukan pendekatan yang telah disesuaikan.

Demikian penjelasan mengenai sekolah penggerak beserta program-programnya yang diterapkan di Indonesia. Sekolah kamu termasuk sekolah penggerak?



Simak Video "Simak! Ini Aturan PTM Terbaru Berdasarkan Diskresi SKB 4 Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia