Apa Itu Virus yang Berbentuk Huruf T? Ini Struktur hingga Contohnya

Apa Itu Virus yang Berbentuk Huruf T? Ini Struktur hingga Contohnya

Devita Safitri - detikEdu
Rabu, 23 Nov 2022 07:30 WIB
Modul Pembelajaran Biologi Kemendikbud
Foto: Dok. Modul Pembelajaran Biologi Kemendikbud/Apa Itu Virus yang Berbentuk Huruf T? Ini Struktur hingga Contohnya
Jakarta -

Virus yang berbentuk huruf T adalah sebuah virus yang bernama bakteriofag atau disingkat fage. Namun sebelum lebih jauh mengenal fage, mari membahas tuntas apa itu pengertian virus.

Melansir Sumber Belajar Kemendikbud, virus berasal dari bahasa Latin, virion yang artinya racun dan ditemukan pada tahun 1883. Kala itu, sebuah penyakit ditemukan dengan gejala bintik-bintik kuning pada daun tembakau dan kini dikenal dengan istilah penyakit mosaik tembakau.

Ukuran virus sangat kecil yaitu sekitar 10- 300 milimikron. Virus terkecil diketahui hanya memiliki diameter 20 nm bahkan lebih kecil dari ribosom.

Berbicara bentuknya, virus memiliki berbagai macam bentuk seperti batang, oval, filamen, persegi banyak, dan seperti huruf T. Nah, virus yang berbentuk seperti huruf T ini bernama bakteriofag atau virus yang dapat menginfeksi bakteri.

Bakteriofag adalah sebuah virus yang memiliki sifat parasit obligat terhadap bakteri sehingga terkadang disebut sebagai musuh alami bakteri. Oleh karena itu dalam penggunaannya bakteriofag dijadikan alat terapi karena dapat menunjukkan infeksi yang cepat pada kisaran inang spesifik.

Struktur Bakteriofag

Virus yang berbentuk huruf t ini memiliki ukuran nanometer yaitu sekitar 24-400 nm. Secara umum berbagai stuktur virus diwakili oleh bakteriofag yaitu sebagai berikut:

(insert foto struktur bakteriofag)

a. Kepala
Kepala memiliki dua bagian. Pada bagian dalam, kepala virus berisi asam nukleat dan bagian luarnya diselubungi kapsid. Bakterifag memiliki kepala berbentuk polihedral dengan jenis asal nukleat DNA.

b. Leher
Leher merupakan bagian yang menghubungkan kepala dan ekor dan menjadi saluran keluarnya asam nukleat menuju ekor.

c. Ekor
Ekor virus bakterifag memiliki fungsi untuk menempel pada sel inang yang terdiri dari serabut ekor dan lempeng dasar. Serabut ekor berfungsi melekatkan diri pada sel inang dan lempeng dasar yang berisi jarum penusuk berfungsi untuk memberikan injeksi DNA ke dalam sel inang.

Jenis Virus Bakteriofag

Dalam buku Sains Virus oleh Kuswandi disebutkan ada 3 jenis virus bakteriofag yakni T4, M13, dan lamda, berikut penjelasanya:

1. Fag Lambda
Fag Lambda adalah jenis virus yang menginfeksi E.coli. Bakterifag jenis ini dikenal dengan nama Echerichia Lambda.

2. Fag M13
Bakteriofag M13 merupakan jenis fag berbentuk filamen yang terdiri dari untaian tunggal DNA dengan bentuk sirkular. Fag ini menjadikan Escherichia Coli sebagai inangnya dan memiliki siklus hidup yang pendek. Jenis ini juga banyak dijadikan contoh dan aplikasi berbagai produk nanoteknologi.

3. Bakteriofag T4
Fag T4 merupakan jenis yang cukup populer yang mampu melubangi membran sel inang untuk menginjeksikan asam nukleatnya pada bakteri.

Penyakit yang ditimbulkan Bakteriofag

Meski disebutkan sebelumnya virus memiliki arti racun, tampaknya hal berbeda ditemukan pada bakteriofag. Kata "Bacteriophage" berarti "pemakan bakteri" yang menjadi lawan dari berbagai bakteri penimbul penyakit.

Virus yang berbentuk huruf T ini dapat hidup di dalam bakteri dan secara alami membunuhnya. Dengan demikian virus ini disebut tidak dapat menginfeksi manusia.

Dalam buku Sains Virus oleh Kuswandi disebutkan bakteriofag menjadi salah satu jenis virus yang dimanfaatkan dalam dunia bioteknologi. Ia juga berfungsi sebagai biokontrol patogen foodborne disease yang banyak menyebabkan keracunan.

Di dunia medis, virus ini digunakan sebagai terapi untuk mengobati infeksi bakteri. Memiliki sifat yang jauh lebih spesifik dibanding antibiotik, bakteriofag juga bersahabat dengan jenis flora normal dalam tubuh inang.

Nah itulah virus yang berbentuk huruf T atau yang disebut bakteriofag. Selamat belajar detikers!



Simak Video "Apakah Virus Langya Berpotensi Jadi Pandemi Selanjutnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia