ADVERTISEMENT

Influencer: Pengertian, Tugas, dan Jenis-jenisnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 13 Jun 2022 13:00 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt/Influencer: Pengertian, Tugas, dan Jenis-jenisnya
Jakarta -

Influencer adalah istilah untuk orang yang memiliki pengaruh kepada pengikut atau pendengar yang lebih luas. Istilah influencer biasanya disematkan untuk orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Influencer juga sangat akrab dengan kehidupan anak muda seperti mahasiswa, karena banyak dari usia mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Bahkan banyak di antara anak muda yang mendapatkan penghasilan dengan menjadi influencer.

Namun, tahukah kamu berapa banyak jumlah pengikut yang dibutuhkan agar bisa disebut influencer? simak pengertian, tugas, dan jenis-jenis influencer di bawah ini.


Pengertian, Tugas, dan Jenis-jenis Influencer


1. Pengertian Influencer

Menurut Kamus Cambridge, influencer adalah seseorang yang memengaruhi atau mengubah cara orang lain dalam berperilaku.

Definisi lain juga disebutkan bahwa influencer adalah seseorang yang dibayar oleh perusahaan untuk menunjukkan dan menggambarkan produk atau layanannya di media sosial agar bisa mendorong orang lain untuk membelinya.

Sementara dalam Kamus Merriam Webster, influencer diartikan sebagai seseorang yang menginspirasi atau memandu tindakan orang lain.

Influencer juga bisa disebut sebagai seseorang yang mampu membangkitkan minat pada sesuatu (seperti sebagai produk konsumen) dengan mempostingnya di media sosial.


2. Tugas Influencer

Bagi mahasiswa yang aktif di media sosial tentu sering melihat orang dengan pengikut ratusan ribu atau jutaan memamerkan produk yang dipakai. Nah, itulah tugas influencer secara sederhananya.

Influencer melakukan tugas tersebut bergantung pada media yang dikuasainya. Misal untuk kebutuhan digital influence berarti harus mampu untuk mempengaruhi, mengubah opini, dan perilaku seseorang secara online.

Dalam dunia marketing, influencer memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan brand awareness, dan penjualan sesuai dengan target yang ditentukkan oleh sebuah perusahaan.

Dalam melakukan tugasnya, Influencer biasanya akan mendapatkan promosi dengan endorsement.


3. Jenis-jenis Influencer

Mengutip buku 'UMKM Digital Era New Normal' oleh Musnaini, dkk., di dunia pemasaran digital, berikut jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah followers atau pengikut.


- Influencer Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang memiliki jumlah followers sekitar 10 ribu orang, atau bahkan di bawah itu. Kekuatan influencer mikro adalah keterikatan (engagement) dengan followersnya.

- Influencer Makro

Influencer makro adalah influencer yang memiliki lebih dari 100 ribu followers. Dengan jumlah followersnya, influencer makro berpotensial untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang.

- Influencer Premium

Influencer premium adalah influencer terpopuler dengan jumlah followers paling banyak dan memiliki jutaan followers. Contoh influencer premium yang inspiratif adalah @najwashihab, @maudyayunda, @jeromepolin dan lain-lain.

Nah, itulah pengertian influencer beserta tugas dan jenis-jenisnya. Di Indonesia, siapa influencer favorit detikers?



Simak Video "Syarat Mutlak Influencer Bisa Dilirik Brand"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia