5 Pasangan Pesohor RI Lulusan Kampus Dunia, Mendikbud sampai Maudy Ayunda

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 24 Mei 2022 15:30 WIB
Maudy Ayunda dan Suami
Pasangan pesohor Indonesia lulusan kampus ternama di dunia. Foto: Instagram @maudyayunda
Jakarta -

Maudy Ayunda menambah deret panjang pasangan pesohor Indonesia yang lulus dari kampus ternama dunia. Artis tanah air yang terkenal dengan prestasi akademiknya tersebut menikah dengan Jesse Choi yang merupakan kawan saat kuliah di Stanford University.

Selain Maudy dan Jesse, sebelumnya sudah ada beberapa pasangan publik figur tanah air lainnya yang juga lulus dari universitas-universitas ternama sedunia. Salah satunya adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Najwa Shihab.

Pasangan Pesohor Tanah Air yang Lulus dari Kampus Elite Dunia

1. Mendikbudristek Nadiem dan Franka Franklin

Nadiem sempat menempuh perguruan tinggi di jurusan International Relations, Brown University, Amerika Serikat. Dia pun pernah ikut pertukaran pelajar di London School of Economics, Britania Raya.

Setelah lulus dari sana, Nadiem menempuh pendidikan magister di Master of Business Administration, Harvard Business School, Amerika Serikat. Sementara, istri Nadiem juga pernah menjalani pendidikan tinggi di Belanda, Inggris, juga Singapura.

Dikatakan dalam profil LinkedIn miliknya, Franka Franklin adalah lulusan Hogeschool Rotterdam di Belanda, Northumbria University di Inggris, juga Raffles Design Institute Singapore.

2. Najwa Shihab dan Ibrahim Sjarief Assegaf

Najwa Shihab dulunya kuliah di Melbourne Law School, Australia, dengan mengambil konsentrasi hukum media. Saat sekolah di sana, Najwa memperoleh beasiswa penuh dari Australian Leadership Awards.

Perempuan yang lahir pada 16 September 1977 ini pernah memperoleh penghargaan Young Global Leader (YGL) pada tahun 2011 dari World Economic Forum. Dia menikah dengan Ibrahim Sjarief Assegaf yang dulunya juga sempat menempuh jenjang magister di University of Melbourne, Australia.

3. Maudy Ayunda dan Jesse Choi

Maudy Ayunda dan suaminya, Jesse Choi, sama-sama lulusan Stanford University dengan gelar Master of Business Administration. Dapat dikatakan, kampus ternama di dunia itu adalah tempat pertemuan mereka berdua.

Sebelum menempuh magister joint-degree administrasi bisnis dan pendidikan di Stanford, Maudy menyelesaikan jenjang sarjananya di University of Oxford dengan mengambil jurusan PPE (Politics, Philosophy, and Economics). Sementara, disebutkan dalam akun LinkedIn pribadinya, Jesse Choi meraih gelar Bachelor of Science di Columbia University, sebelum ke Stanford University.

4. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar

Tasya Kamila adalah lulusan gelar Master of Public Administration di Columbia University. Dia juga merupakan salah satu mahasiswa yang memperoleh beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Sebelum terbang ke Columbia University, Tasya kuliah di jurusan S1 Akuntansi Universitas Indonesia. Rupanya, Tasya dan suami, Randi Bachtiar sama-sama menjalani gelar S2 di kampus yang sama, Columbia University. Sementara, Randi sendiri sebelumnya mengenyam jenjang S1 di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB).

5. Belva Devara dan Sabrina Aggraini

Belva Devara yang merupakan pemilik lembaga belajar Ruangguru itu mencatat sederet riwayat pendidikan yang mentereng. Dia adalah lulusan Nanyang Technological University, Massachussetts Institute of Technology (MIT), Harvard University, sampai Stanford University.

Pasangannya, Sabrina Anggraini juga menempuh perkuliahan di MIT untuk gelar master. Ternyata, Belva melamar kekasihnya ini di Killian Court atau tepatnya di depan gedung MIT pada (4/9/2021) lalu, sebagaimana disebutkan dalam Instagram pribadi Belva.

Bagaimana detikers, Maudy Ayunda dan pasangan-pasangan lainnya tersebut menginspirasi bukan?



Simak Video "Maudy Ayunda Unggah Momen Sakral saat Akad Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia