Pengertian Iklan: Jenis, Fungsi, Tujuan, dan Medianya

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 14:45 WIB
Iklan berperan penting dalam proses pemasaran produk yang akan dijual. Nah 10 foto ini bisa jadi gambaran bagaimana orang zaman dahulu iklankan barang dagangan.
Contoh iklan zaman dulu di kereta kuda. Berikut pengertian iklan, jenis iklan, manfaaat, dan tujuannya. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pengertian iklan adalah pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu produk kepada audiens dengan platform media tertentu. Iklan merupakan salah satu instrumen yang penting dalam proses pemasaran. Secara praktik, iklan menjadi bagian dari promosi pemasaran.

Semakin berkembangnya zaman ke arah yang lebih digital, ada transformasi dalam bentuk iklan yang lebih variatif. Misalnya, kamu bisa menemukan berbagai iklan di platform media sosial atau iklan-iklan di Billboard yang kreatif. Semua itu tujuan objektifnya satu, yakni bagaimana audiens/masyarakat sadar akan iklan itu dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Selain iklan, ada proses periklanan yang merujuk pada biaya yang harus didistribusikan untuk keperluan sponsor dalam menjalankan promosi dalam bentuk ide dan produk. Iklan harus bersifat persuasif, agar audiens dapat tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai media.

Menurut Supriyanto dalam bukunya yang berjudul Meraih Untung dari Spanduk Billboard Cetakan, iklan merupakan promosi barang, jasa, perusahaan, dan ide yang harus dibayar dengan nominal tertentu oleh sebuah sponsor. Siapa itu sponsor? Sponsor adalah perusahaan tertentu yang menjadi klien.

Jenis Iklan

Dalam buku berjudul Pemasaran yang ditulis oleh Charles W. Lamb dan Joseph F. Hair mengkategorikan ada dua jenis utama dalam iklan, yaitu:

  • Periklanan Institusi (Institutional Advertising), yaitu iklan yang didesain agar menambah citra pada suatu perusahaan daripada mengkampanyekan suatu produk tertentu. Bentuknya, ada periklanan sokongan yang dikerjakan untuk menghasilkan perspektif mengenai inti persoalan atau menepis isu-isu yang dilontarkan oleh media.
  • Periklanan Produk (Product Advertising), yaitu iklan yang secara fungsional melakukan promosi terhadap suatu produk kepada audiens. Jenis iklan ini yang sering sekali ditemukan di berbagai platform konvensional maupun digital.

Fungsi Iklan

Dari beberapa hal di atas, dapat disimpulkan jika pengertian iklan selalu merujuk pada kegiatan promosi suatu produk (barang dan jasa) kepada audiens. Tetapi, sebenarnya apa fungsi objektif dari sebuah iklan yang dipromosikan secara masif?

  • Memberikan informasi kepada target konsumen
  • Mempersuasi audiens untuk membeli produk yang ditawarkan
  • Untuk menjaga memori dan ingatan konsumen pada produk tertentu
  • Memberi nilai tambah pada produk-produk yang sedang dipasarkan
  • Menjadi sarana bantuan daripada upaya lain perusahaan

Tujuan Iklan

Banyak kajian akademis yang membahas mengenai iklan terutama dalam dimensi ilmu Komunikasi dan Pemasaran. Oleh karena itu, ada tiga tujuan iklan yang dilihat dari tiga konteks tertentu.

1. Commercial Advertising

Iklan komersial memiliki tujuan untuk melakukan dukungan terhadap suatu kampanye pemasaran dari suatu produk yang dijual. Di mana iklan komersial ini memiliki dua macam, yaitu iklan strategis dan iklan taktis.

Iklan strategis adalah iklan yang digunakan untuk membangun suatu merek dengan menganalisis nilai merek serta manfaat dari produk yang dipasarkan. Sedangkan iklan taktis adalah iklan yang diformulasikan guna mendorong agar audiens melakukan pembelian terhadap suatu produk yang dipasarkan.

2. Corporate Advertising

Iklan korporasi atau perusahaan ini dinilai sebagai strategi yang efektif untuk memperkokoh citra pada perusahaan. Di mana tujuannya adalah untuk membantun citra positif pada produk yang dijual oleh perusahaan tertentu dengan melibatkan berbagai instrumen strategi pemasaran.

3. Public Service Advertising

Iklan layanan masyarakat adalah kampanye sosial yang tujuannya untuk memasarkan suatu ide dan gagasan dalam konteks kepentingan masyarakat. Sering kali iklan ini kamu temukan di berbagai instansi negara, seperti ajakan untuk tidak korupsi, menjauhi narkoba, dan lain-lain.

Media untuk Mempromosikan Iklan

Media menjadi unsur penting dalam iklan. Mengapa? Karena media menjadi sarana untuk memasifkan promosi dan pemasaran pada suatu produk maupun kampanye sosial. Berikut adalah empat media periklanan:

  • Media cetak, seperti koran dan majalah
  • Media elektronik, seperti radio dan televisi
  • Media interaktif, seperti internet yang platformnya ada media sosial
  • Media alternatif, seperti iklan di video, iklan di rambu-rambu lalu lintas, dan iklan di tempat umum lain

Kesimpulannya, pengertian iklan adalah sarana untuk menginformasikan dan mempromosikan suatu produk atau pesan kepada audiens dengan strategi serta platform yang cukup variatif.



Simak Video "Sentilan Sahroni ke BUMN: Formula E untuk Indonesia, Bukan untuk Anies"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia