ADVERTISEMENT

Ternyata Ini Posisi Tidur Terbaik Menurut Sains, Menghadap Ke Mana?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 10 Jun 2022 18:00 WIB
posisi tidur
Foto: iStock/Ternyata Ini Posisi Tidur Terbaik Menurut Sains, Menghadap Ke Mana?
Jakarta -

Pernahkah kamu merasa bangun tidur dengan perasaan lelah meski sudah 8 jam? Bisa jadi disebabkan oleh gangguan kesehatan, stres, ataupun posisi tidur yang kurang tepat.

Mengutip laman Universitas Melbourne, Australia, posisi tidur adalah hal yang penting. Setiap posisi tidur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Para ahli mengungkapkan bahwa ada satu postur tidur yang terbaik untuk kesehatan, tetapi itu tidak berarti bahwa sesuai dengan semua orang.

Bagaimana Cara Menemukan Posisi Tidur Terbaik?

Untuk menemukan posisi tidur yang terbaik, pertama-tama harus mengidentifikasi masalah tidur yang mungkin dimiliki. Sehingga jika bangun akan merasakan segar kembali.

1. Posisi Tidur Tengkurap

Jika kurang merasa segar setelah tidur, cobalah untuk berhenti tidur tengkurap. Karena dengan posisi ini tubuh lebih mungkin terbangun dengan nyeri sendi dan nyeri lainnya.

Menurut Mayo Clinic, tidur dengan cara ini menyebabkan sakit punggung dan leher, serta memberikan tekanan pada tubuh.

Sebaliknya, Sleep Assessment and Advisory Service di Skotlandia mengungkapkan bahwa tidur dalam posisi tengkurap dapat meningkatkan pencernaan.

Maka jika tubuh merasa nyaman tidur dengan cara tengkurap, cobalah meletakkan bantal di bawah perut agar dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

2. Posisi Janin

Pada tahun 2003, Sleep Assessment And Advisory Service melakukan penelitian dengan mengamati pola tidur dari 1.000 orang yang berbeda.

Mereka yang tidur dalam posisi seperti janin lebih mungkin berakhir dengan sakit leher dan punggung, karena tulang belakang mereka tidak sejajar.

Tetapi jika tidur dalam posisi lurus dan miring, itu membuat tulang belakang sejajar secara alami. Hal ini efektif untuk mengurangi nyeri punggung.

3. Posisi Miring ke Kiri

Tidur di sisi kiri akan menghasilkan sirkulasi yang lebih baik karena darah kembali ke jantung dari sisi kanan tubuh. Tidur dengan posisi ini bermanfaat karena pembuluh darah tidak menekan saat berbaring.

Studi dari University of Maryland menemukan bahwa orang yang tidur miring ke kiri memiliki peluang lebih rendah untuk terbangun dengan mulas dibanding saat tidur di sisi kanan yang dapat menyebabkan asam lambung berlama-lama di tenggorokan.

4. Posisi Telentang

Para ahli sepakat bahwa telentang adalah posisi tidur terbaik bagi seseorang yang rentan terhadap sakit leher dan punggung. Karena posisi ini akan menjaga tulang belakang tetap lurus.

Namun perlu dicatat, posisi telentang tidak untuk orang dengan gangguan sleep apnea atau kesulitan bernapas saat tidur. Posisi terbaik untuk penderita sleep apnea adalah dengan posisi miring.

Untuk mengatur posisi ini, coba gunakan bantal di kedua sisi tubuh agar tidak berguling ke samping. Menambahkan beberapa bantal di bawah kepala juga akan membantu menjaga leher dan tulang belakang tetap sejajar.

Sementara itu, jika semua posisi tidur sudah dicoba tapi masih tetap sulit tidur, cobalah mendengarkan musik latar yang menyenangkan atau cara lain yang mudah membuat tertidur.



Simak Video "Siapa Saja yang Disarankan untuk Jalani Meditasi?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia