Apa Tujuan Negosiasi? Ini Penjelasannya agar Tercapai Win-win Solution

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 17:30 WIB
Job Interview
Ilustrasi Negosiasi. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Di dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari kita melakukan negosiasi. Namun belum banyak yang mengetahui makna negosiasi yang sesungguhnya. Negosiasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai keadaan yang diterima oleh kedua belah pihak.

Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan dalam suatu hal. Selain itu mencari cara terbaik agar hal yang kita negosiasikan memiliki nilai tambah. Dalam negosiasi fokus yang harus diperhatikan adalah produk atau layanan bukan hanya soal angka.

Secara harfiah tujuan negosiasi untuk menghasilkan win-win solution yaitu melalui pemahaman dari kedua belah pihak yang bernegosiasi. Kedua belah pihak memperoleh apa yang diinginkan masing-masing serta diantara mereka tidak ada yang dirugikan.

Berikut adalah tujuan negosiasi dalam bisnis yang dikutip dari buku Negosiasi Itu Ada Ilmunya karya Mahardika Wirastama

Tujuan negosiasi

1. Memperoleh kesepakatan

Kesepakatan di sini berarti memiliki persamaan persepsi, saling mengerti, dan saling setuju satu sama lain. Dengan perundingan kedua pihak akan saling berdiskusi keinginan masing-masing.

Itulah sebabnya untuk menjembatani keinginan kedua belah pihak harus diputuskan melalui kesepakatan.

2. Mendapatkan solusi

Agar mendapatkan jalan keluar atau solusi dari suatu masalah, maka hal yang harus dilakukan dengan melakukan perundingan. Negosiasi berkepentingan untuk mencapai tujuan, yaitu kesepakatan bersama yang harus dilakukan secara terus-menerus.

Kondisi ini dapat berlangsung apabila di antara masing-masing pihak saling membutuhkan dan memiliki tujuan yang sama dan disepakati. Mencapai kesepakatan maksudnya mendapatkan apa yang diinginkan dan pihak lain juga mendapatkannya.

3. Mendapatkan keuntungan

Kondisi yang menguntungkan dalam bernegosiasi dapat dicapai apabila:

- Mengetahui fakta-fakta yang dipertentangkan.

- Tingkat konflik masih bisa diatasi.

- Masalah yang akan ditangani dalam batas prioritas.

- Pihak lawan bersikap wajar, tidak kaku, menaruh kepercayaan, dapat dipercaya, mau mendengarkan, toleran terhadap perbedaan pendapat, terbuka dan peduli pada kebutuhan orang lain, suka bekerja sama, berkompromi, dan kreatif dalam mengembangkan solusi.

- Tidak saling menghubungkan masalah dengan kekuasaan.

- Memiliki sejarah hubungan baik.

- Kemungkinan logis untuk suatu solusi yang dapat diterima kedua pihak dan saling menguntungkan.

- Pengembangan solusi kreatif.

- Kemenangan yang dicapai tidak menghasilkan dampak-dampak negatif yang tidak diinginkan.

Dalam negosiasi tidak ada jaminan negosiasi akan berjalan lancar dengan mempertimbangkan hal di atas. Tujuan negosiasi yang paling penting adalah mempertimbangkan kondisi kedua belah pihak dan jangan sampai ada pihak yang tersakiti.



Simak Video "Laris Manis Bisnis Hampers Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia