Hiu Takut Hewan Laut Ini yang Dikenal Cerdas, Bisa Tebak?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 07 Nov 2021 14:00 WIB
Great white shark smiling in the blue ocean
Foto: (iStock)/Hiu Takut Hewan Laut Ini yang Dikenal Cerdas, Bisa Tebak?
Jakarta - Hiu dikenal sebagai salah satu hewan predator di lautan. Meskipun begitu, ada hewan laut lainnya juga juga dikenal sebagai predator bahkan ditakuti oleh sang penguasa lautan atau hiu ini. Kamu bisa tebak hewan apa?

Melansir dari situs Sea World, hewan laut yang ditakuti oleh hiu bukanlah paus melainkan lumba-lumba. Selama ini lumba-lumba kerap digambarkan sebagai hewan yang akrab dengan manusia. Berbanding terbalik dengan hiu yang digambarkan hewan menakutkan.

Efek 'dolphin-phobia' pada hiu atau ketakutan terhadap lumba-lumba ini dapat dibuktikan dengan keberadaan keduanya. Baik hiu maupun lumba-lumba ternyata tidak pernah terlihat mendiami wilayah laut yang sama. Salah satu alasan mengapa sang predator utama dalam rangkaian makanan tersebut takut dengan lumba-lumba karena lumba-lumba lebih cerdas daripada hiu.

"Dengan menggunakan ekolokasi, lumba-lumba dapat dengan cepat menavigasi melalui air untuk menghindari atau menyerang hiu," tulis Sea World dalam situsnya.

Sea World juga menyebut hubungan keduanya dapat diibaratkan sebagai perlawanan klasik otak vs otot. Lewat kecerdikannya inilah, lumba-lumba dapat mengungguli hiu. Berikut penjelasannya.

5 faktor hiu takut lumba-lumba

1. Tubuh yang lebih fleksibel dan gesit

Faktanya, lumba-lumba memiliki tubuh yang gesit dan fleksibel dibandingkan dengan hiu. Kulit lumba-lumba cenderung lebih lembut dan sendi rangkanya lebih fleksibel. Kondisi inilah yang menyebabkan lumba-lumba gesit dalam perlawanan dengan para predator laut, seperti hiu.

Keuntungan dari memiliki tubuh yang fleksibel membuat sang lumba-lumba memiliki kecepatan lumba-lumba luar biasa. Lumba-lumba bisa berenang lebih cepat daripada kebanyakan spesies hiu. Hal itu menjadikannya sulit ditangkap untuk dikejar pemangsa.

2. Pandai bersembunyi dan hidup bergerombol

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang pandai bersembunyi. Sedangkan hiu dikenal dengan pemburu yang suka menyerang saat musuh dalam titik buta atau kondisi tidak sadar. Namun, lumba-lumba akan bergerak cepat atau berkumpul dengan kawanannya saat mereka berada dalam kondisi terancam.

Lumba-lumba cenderung saling membantu anggota sesama kawanannya yang disebut dengan disebut dengan pod atau polong. Berbeda dengan hiu yang hidup sebagai predator soliter atau sendiri-sendiri.

3. Pemangsa puncak lautan

Ada satu jenis lumba-lumba yang disebut sebagai paus pembunuh di lautan yakni, lumba-lumba jenis Orca. Lumba-lumba jenis ini kerap terlihat memangsa hiu putih saat terjadi kelangkaan makanan.

4. Kondisi fisik yang menguntungkan

Lumba-lumba yang memiliki ekor horizontal memungkinkannya untuk bergerak lebih lincah. Sedangkan hiu memiliki ekor vertikal yang membatasi pergerakannya. Selain itu, lumba-lumba juga memiliki moncong yang kuat dan tebal. Moncong inilah yang menjadi senjata pertama lumba-lumba saat melakukan serangan ke perut hiu.

Terakhir, lumba-lumba jenis Orca memiliki sirip ekor yang sangat kuat. Bahkan dengan sirip tersebut mereka mampu untuk membalikkan punggung hiu. Hal inilah yang membuat hiu dimangsa lumba-lumba Orca dengan mudah.

5. Berbahaya saat marah

Hiu suka mengincar bayi lumba-lumba yang dikenal lebih rentan terhadap serangan predator. Namun, apabila serangan tersebut diketahui oleh lumba-lumba lainnya, maka seketika lumba-lumba akan marah dan balik menyerang hiu secara bergerombol.

Wah, menyeramkan ya detikers!

Simak Video "Penyebab Hiu Tutul Terdampar di Pantai Drajid Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia