Viral Hiu Mirip Babi, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 13 Sep 2021 07:25 WIB
Hiu mirip babi (Foto: Screenshot FAO-Aquafind)
Foto: FAO
Jakarta - Belakangan viral penampakan hiu mirip babi. Namun, rupanya ada penjelasan saintifik terkait hal tersebut.

Hiu berwajah mirip babi ini ditemukan oleh sejumlah pelaut Italia sedang mengapung di perairan Marina Darsena Medicea, kota Portoferraio, Pulau Elba, Italia. Melansir dari The Mirror UK, pada faktanya hiu tersebut adalah hiu yang sangat jarang dan memiliki nama ilmiah Oxynotus centrina.

Hiu ini juga terkadang disebut sebagai hiu berwajah babi. Ia biasanya hidup 2.300 kaki di bawah permukaan laut.

Hiu tersebut dikenal dengan kepalanya yang lebar dan pipih serta moncongnya yang gemuk dan tumpul.

Melansir dari Food and Agriculture Organization (FAO), hiu dengan nama lain angular roughshark ini habitatnya di Samudra Atlantik Timur, Teluk Biscay, dan Laut Mediterania yang menuju ke Senegal.

Kendati begitu, ikan tersebut pernah ditemukan di Cornwall, Inggris, perairan Liberia ke Nigeria, Gabon ke Namibia, dan Afrika Selatan.

Hiu mirip babi ini merupakan jenis hewan ovovivipar, atau bertelur dan melahirkan. Ia biasanya melahirkan 7 hingga 8 angular roughshark anakan.

Hewan punah ini memiliki ukuran maksimal 150 cm, tetapi kebanyakan berukuran lebih kecil, yakni kira-kira 50 cm.

Hiu ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan tepung ikan, minyak, dan diolah dalam bentuk asin kering. Meski begitu, jumlahnya tidak melimpah dan sebagian besar adalah tangkapan sampingan dari armada pukat lepas pantai yang besar.

The International Union for Conservation of Nature (IUCN) juga mengkategorikan hiu angular roughshark tersebut sebagai spesies yang terancam punah, artinya memang sangat langka.

Menurut CNN Indonesia, foto hiu mirip babi ini viral pasca dibagikan di Facebook pada Jumat (10/09/2021) lalu. Apakah detikers juga terkejut dengan penemuan hiu tersebut?



Simak Video "Penyebab Hiu Tutul Terdampar di Pantai Drajid Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia