Mudah! Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf Beserta Contoh

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Selasa, 28 Sep 2021 07:40 WIB
Membaca buku
Cara menemukan ide pokok dalam paragraf (Foto: iStock)
Jakarta -

Dikutip dari materi Kemendikbud tentang "Penyuluhan Bahasa Indonesia" oleh Oldrie Ch. Sorey, ide pokok adalah ide atau gagasan utama yang menjadi bahasan dari sebuah bacaan. Apa kiat menemukan ide pokok dalam paragraf? Berikut penjelasannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf didefinisikan sebagai bagian dari sebuah karangan atau tulisan yang penulisannya dimulai dengan garis atau alinea baru.

Paragraf berfungsi untuk memudahkan para pembaca dalam memahami informasi dari sebuah karangan atau tulisan, dengan memisahkan satu topik, dengan topik lain. Nah, setiap paragraf hanya boleh mengandung satu ide pokok saja.

Ide pokok sering juga disebut gagasan pokok atau pikiran utama. Fungsi ide pokok sangatlah penting. Ide pokok bisa memberitahukan kepada pembaca mengenai apa yang sedang diperbincangkan di dalam sebuah paragraf.

Gagasan pokok akan diikuti dengan gagasan pendukung yang akan berisi penjelasan dan tambahan informasi, mengenai suatu gagasan utama.

Nah, biasanya ide pokok suatu paragraf berada atau terletak di kalimat awal paragraf. Namun, hal ini perlu disesuaikan dengan jenis tulisannya. Kunci utama dalam menemukan ide pokok dalam paragraf adalah mengetahui perbedaan antara kalimat utama dan kalimat penjelas.

Bagaimana cara menemukan ide pokok dalam paragraf?

Dilansir dari buku "Master Bahasa Indonesia" karya Ainia Prihartini, S.Hum., berikut adalah cara yang perlu detikers lakukan untuk menemukan ide pokok dalam paragraf, diantaranya:

  • Kenali jenis-jenis paragraf

Kamu harus bisa mengenali sebuah paragraf apakah termasuk jenis paragraf induktif, deduktif, atau campuran keduanya. Mengenali jenis ini akan membantumu menemukan ide pokok dengan cepat.

  • Bacalah setiap paragraf yang ada di sebuah tulisan dengan cermat.

Biasakan membaca kalimat demi kalimat yang ada dalam paragraf tersebut dengan cermat.

  • Mencari kalimat utama dalam paragraf

Mengetahui mana kalimat utama. Ciri yang paling menonjol dari kalimat ini yakni bersifat umum. Fokuslah pada kalimat utama tersebut. Itulah ide pokok paragraf yang sedang kamu baca.

  • Kalimat utama tersebut berupa pernyataan umum yang akan diperjelas pada kalimat lain.
  • Kalimat utama itu bisa berada di awal atau akhir paragraf
  • Kalimat utamanya tidak mengandung kata-kata acuan. contohnya: itu,tersebut, dan lain sebagainya.
  • Biasanya kalimat utamanya mengandung kata kunci contohnya: merupakan, adalah, sebagai, dengan, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui cara dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan, kita coba latihan untuk menemukan ide pokok dalam paragraf atau gagasan utama dari sebuah tulisan yuk.

Selanjutnya contoh menemukan ide pokok dalam paragraf >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia