Demokrasi: Pengertian, Jenis, dan Prinsipnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 02 Jul 2021 16:00 WIB
Indeks Demokrasi 2020: Indonesia Catat Skor Terendah dalam 14 Tahun Terakhir
Foto: DW (News)
Jakarta - Demokrasi adalah sebuah pandangan atau konsep politik dalam pemerintahan yang melibatkan warga negara atau rakyat karena memiliki hak dan kewajiban. Apa saja jenis demokrasi?


Demokrasi dan kebebasan sering dipakai secara timbal balik, padahal keduanya tidak sama. Sebagai suatu konsep, demokrasi adalah seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan yang juga mencakup seperangkat praktek yang terbentuk melalui sejarah panjang dan sering berliku-liku. Pendeknya demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan.


Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, berikut ini penjelasan tentang pengertian demokrasi beserta jenis dan prinsipnya:


Pengertian Demokrasi

Kata demokrasi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan atau kekuasaan. Jadi demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Demokrasi adalah gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.


Berikut ini pengertian demokrasi menurut beberapa ahli:


1. Abraham Lincoln

Menurut Abraham Lincoln demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.


2. Montesquieu

Demokrasi adalah kekuasaan negara yang dibagi dan dilaksanakan oleh tiga lembaga atau institusi yang berbeda dan terpisah satu sama lainnya, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif.


3. H. Harris Soche

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan rakyat, karenanya kekuasaan pemerintahan melekat pada rakyat juga merupakan HAM bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi diri dari setiap paksaan dalam suatu badan yang diserahkan untuk memerintah.


Jenis Demokrasi

Demokrasi telah dijadikan sebagai sistem politik yang dianut oleh sebagian besar negara di dunia dengan pelaksanaan yang berbeda-beda.


Berikut ini beberapa jenis demokrasi


A. Berdasarkan titik berat perhatiannya


1. Demokrasi formal, yaitu suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara liberal.


2. Demokrasi material, yaitu demokrasi yang dititikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadang-kadang dihilangkan. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara komunis


3. Demokrasi gabungan, yaitu bentuk demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari bentuk demokrasi formal dan material. Bentuk demokrasi ini dianut oleh negara-negara non-blok.


B. Berdasarkan ideologi


1. Demokrasi konstitusional atau demokrasi liberal, yaitu demokrasi yang didasarkan pada kebebasan atau individualisme.


2. Demokrasi rakyat atau demokrasi proletar, yaitu demokrasi yang didasarkan pada paham marxisme komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial.


C. Berdasarkan proses penyaluran kehendak rakyat


1. Demokrasi langsung, yaitu paham demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum negara atau undang-undang secara langsung.


2. Demokrasi tidak langsung, yaitu paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan.


Prinsip-Prinsip Demokrasi

Adapun prinsip-prinsip demokrasi antara lain:


- Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga

- Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah

- Menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur

- Membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum

- Mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman

- Menjamin tegaknya keadilan


Nah, sekarang detikers sudah tahu kan apa itu demokrasi beserta jenis dan prinsipnya. Selamat belajar ya detikers!



Simak Video "Mahfud: Ada Gangguan Terhadap Kebangsaan Kita dengan Alasan Demokrasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia