Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi

Tim detikEdu - detikEdu
Sabtu, 29 Mei 2021 13:30 WIB
Happy Asian young mother and daughter playing with abacus, early education at home.
Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi (Ilustrasi Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta - Seberapa sering detikers merasa kewalahan saat mendidik anak di masa pandemi ini? Semenjak terjadinya pandemi Covid-19, maka kebijakan sekolah secara daring atau belajar dari rumah menjadi solusi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini membuat orang tua menggantikan peran guru untuk mendidik dan mengajar anak secara langsung saat anak belajar di rumah.

Pentingnya Peran Orang Tua

Terdapat 4 peran orang tua selama masa pembelajaran online di masa pandemi.

1. Sebagai guru di rumah. Orang tua membimbing anak, mengawasi selama anak belajar online

2. Sebagai fasilitator. Orang tua memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak selama proses pembelajaran di masa pandemi di rumah.

3. Sebagai motivator. Orang tua harus mampu memberikan motivasi kepada anak untuk bersemangat mengikuti proses pembelajaran online.

4. Sebagai director. Orang tua menjalankan peran untuk mengarahkan anak supaya mau mengikuti proses pembelajaran online.

Tantangan Saat Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Berdasarkan riset dari peneliti LIPI, terdapat beberapa hal yang menjadi tantangan bagi orang tua ketika mendampingi putra-putri mereka belajar. Dari survei Tanoto Foundation disebutkan bahwa sekitar 56 persen dari orang tua kurang sabar dalam mendampingi dan menangani kemampuan anak dalam konsentrasi saat belajar. Selain itu, KPAI juga menyebut bahwa terjadi kenaikan anak-anak mengalami kekerasan baik psikis maupun fisik di masa pandemic. Selain masalah tersebut, beberapa kendala lain antara lain:

1. Tidak semua orang tua memiliki waktu untuk mendampingi anak belajar di masa pandemic karena tanggung jawab lain seperti bekerja ataupun urusan rumah

2. Orang tua sulit memahami pelajaran serta memberikan motivasi kepada anak saat belajar.

Adaptasi dari orang tua dalam mendampingi anak mereka belajar dari rumah sangat penting. Pengawasan orang tua dalam proses pembelajaran daring sangat menentukan hasil belajar yang optimal.

Tips Mendidik Anak di Masa Pandemi

1. Buat jadwal dan aturan yang disetujui bersama

Bantu anak untuk membuat jadwal kegiatan. Hal ini akan membantu anak untuk bertanggung jawab terhadap rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Tulis jadwal dan tempel di tempat yang mudah terlihat.

2. Bantu anak dengan memberikan beberapa ide untuk melakukan kegiatan apabila anak merasa bingung harus menulis kegiatan yang akan dilakukan pada hari berjalan. Misalnya, berikan ide kegiatan rutin harian seperti mandi dan makan. Contoh kegiatan belajar: mengerjakan tugas dari guru. Kegiatan lain seperti bermain games, membaca buku dan kegiatan lain.

3. Bangun komunikasi yang baik dengan anak, didik anak dengan mengajarkan perilaku yang baik.

4. Didik anak agar bisa belajar untuk mengendalikan diri, mau mendengarkan terutama saat belajar

5. Bagi tugas dengan pasangan anda

6. Aturlah waktu dimulai dengan mendampingi anak belajar, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maupun aktivitas lain

7. Ingatkan anak mengenai waktu yang mereka sudah buat untuk melakukan suatu aktivitas.

8. Sebagai orang tua, tetap intropeksi diri agar tidak serba tahu

9. Relasi dan refleksi. Bantu anak melakukan refleksi mengenai kegiatan yang sudah dilakukan pada hari itu. Lakukan dengan aktivitas santai seperti mengobrol di ruang tamu.

Dalam mendidik anak di masa pandemi ini, dibutuhkan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang memadai untuk orang tua. Orang tua juga harus memiliki mental yang tangguh dalam mendidik anak di masa pandemi ini. Keberhasilan dalam mendidik anak di rumah sangat membutuhkan peran dari semua pihak.



Simak Video "Rahasia Deddy Corbuzier Didik Anak agar Tidak Pernah Bohong"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia