Pengertian Desain, Fungsi, dan Tujuannya

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Jumat, 16 Apr 2021 09:19 WIB
Konsep desain Masjid Agung di Ibu Kota Baru karya Nyoman Nuarta
Konsep desain masjid agung di ibu kota negara yang baru (Foto: Dok. Instagram @Nyoman_Nuarta)
Jakarta - Apakah detikers pernah mendesain sesuatu? Tanpa sadar, ada banyak hal di sekitar kita yang merupakan hasil desain seseorang, mulai dari grafis, baju, interior, dan lainnya.

Menurut kajian etimologi, desain berasal dari bahasa Latin, yaitu designare yang artinya membuat, membentuk, menandai, atau menunjuk. Kata "desain" juga termasuk kata baru yang dibuat ke dalam bahasa Indonesia dari bahasa Inggris "design".

Arti kata design dalam Kamus Oxford adalah "rencana atau gambar yang dibuat untuk memperlihatkan tampilan dan fungsi dari bangunan, pakaian, atau objek lainnya sebelum benar-benar dibuat". Selain itu, Oxford juga memberikan definisi lain untuk desain, yaitu "corak dekoratif".

Jika dicari melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna desain adalah 1. kerangka bentuk; rancangan, 2. motif; pola; corak.

Lalu, bagaimana pengertian desain berdasarkan pendapat para ahli?

Menurut Bruce Nussbaum, Professor of Innovation and Design di Parsons The New School of Design New York, definisi desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis.

Sementara pengertian desain lebih detail dijelaskan oleh dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, Dudy Wiyancoko, yaitu desain adalah segala hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing, rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

Maka, secara umum, pengertian desain adalah suatu perencanaan atau perancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan desain sebagai proses perencanaan atau perancangan suatu objek yang bertujuan agar objek itu memiliki fungsi, nilai keindahan, dan berguna bagi manusia.

Ternyata, desain juga dapat berarti gambar atau benda yang dihasilkan, tidak hanya selalu berarti prosesnya. Selain itu, sesuatu yang dihasilkan oleh desain juga dapat berupa pola, corak, atau gambar, bukan hanya benda.

Fungsi Desain

Desain sebagai seni terapan yang melibatkan susunan garis, bentuk, warna, ukuran, dan nilai sebuah benda memiliki prinsip-prinsip tertentu.

Ada beberapa fungsi desain yaitu sebagai alat bantu dalam proses menciptakan objek baru. Kemudian sebagai wadah untuk menunjukkan tampilan objek tertentu kepada masyarakat dengan gambaran atau keadaan sesungguhnya.

Selain itu, desain berfungsi sebagai sarana desainer menyampaikan ide atau karya ciptanya kepada khalayak. Terakhir, fungsi desain adalah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga bisa lebih memahami bentuk gambar bidang, ruang, konfigurasi, komposisi, susunan, dan lainnya.

Tujuan Desain

Pada dasarnya, tujuan utama desain adalah untuk membantu manusia merancang suatu objek agar dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Selain itu, ada beberapa tujuan desain lainnya seperti untuk menciptakan objek, sistem, struktur, atau komponen yang bermanfaat bagi manusia.

Kemudian, untuk menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. Serta, desain yang dipadukan dengan unsur seni dan teknologi memiliki tujuan agar tercipta kenyamanan, keindahan, dan keamanan. (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia