Informasi Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan

Tim detikEdu - detikEdu
Selasa, 13 Apr 2021 09:35 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Informasi Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan (Ilustrasi Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta - Metodologi penelitian pendidikan dikenal sebagai cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data valid. Data itu sendiri ditujukan untuk ditemukan, dikembangkan dan kemudian dibuktikan sehingga menjadi pengetahuan tertentu.

Kemudian pada gilirannya hal tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti halnya dalam memahami, mengantisipasi hingga memecahkan masalah pada bidang pendidikan.

Tinjauan metodologi penelitian pendidikan secara ilmiah
Jika dilihat secara ilmiah, metodologi penelitian pada bidang pendidikan ini dapat dibagi menjadi 3 bagian utama. Ketiga bagian tersebut adalah :

1. Rasional
Secara rasional metodologi tersebut umumnya dilakukan dengan cara-cara yang logis.

2. Empiris
Sementara itu, jika dilihat dari sisi empiris. Metodologi tersebut umumnya dapat diamati dengan lebih baik. Sehingga keberadaanya dapat direplikasi atau pun dicek ulang oleh para peneliti lainnya.

3. Sistematis
Metodologi penelitian ini juga dikenal dengan keberadaannya yang sistematis. Artinya setiap proses yang digunakan olehnya hadir dengan langkah-langkah tertentu yang juga dikenal dengan sifat logis.

Ruang lingkup penelitian pendidikan

Sementara itu, jika dilihat dari ruang lingkup yang dimilikinya. Penelitian pendidikan ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian berbeda, seperti halnya :

  • Dasar-dasar
  • Teori-teori
  • Konsep-konsep pada bidang pendidikan


Jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan
Jika dilihat dari landasan filsafat, baik itu pada data serta analisis yang telah dilakukan. Tentunya metodologi penelitian ini dapat dibagi menjadi tiga jenis metode berbeda. Ingin tahu metode apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini :

1. Metode penelitian kuantitatif

Untuk jenis metode penelitian yang satu ini, keberadaannya juga sering disebut sebagai metode tradisional. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang telah digunakan sejak lama dan masih tetap bertahan hingga saat ini.

Metode ini juga dikenal sebagai jenis metode ilmiah. Hal tersebut berkaitan dengan kaidah-kaidah yang dimilikinya yang telah memenuhi kaidah ilmiah. Seperti halnya konkret atau empiris, kemudian terukur, objektif, rasional hingga sistemis.

Tidak hanya itu, jenis metode ini juga dikenal dengan sebutan metode konfirmatif. Hal ini berkaitan dengan penggunaannya yang cocok untuk melakukan pembuktian atau konfirmasi. Selain itu, ia juga disebut kuantitatif karena data yang disajikan hadir dalam bentuk angka dan menggunakan analisis statistik.

2. Metode penelitian kualitatif
Berbeda dengan metode di bagian atas. Untuk metode yang satu ini ia lebih dikenal dengan sebutan metode naturalistik. Hal ini berkaitan dengan proses penelitiannya yang dilakukan pada kondisi alamiah. Karena itulah ia juga sering disebut sebagai metode penelitian etnografi.

Sebutan metode etnografi juga berkaitan dengan penggunaan metode tersebut. Pada mulanya metode ini lebih sering digunakan untuk meneliti antropologi budaya. Itulah sebabnya hasil yang diberikan pun dalam bentuk kualitatif.

Berbicara mengenai objek yang alamiah tentu tidak lepas dari jenis objek yang berkembang secara apa adanya. Artinya keberadaan objek tersebut tidak dimanipulasi oleh peneliti. Bahkan peneliti pun tidak dapat mempengaruhi dinamika yang dimilikinya.

Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakannya adalah orang. Dengan kata lain, pihak peneliti yang menjadi instrumen tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan sebutan human instrument.

3. Metode penelitian kombinasi

Untuk metode penelitian paling akhir adalah jenis metode penelitian kombinasi. Jenis metode yang satu ini merupakan gabungan dari metode penelitian kuantitatif serta kualitatif. Karena itulah hasil yang ditunjukkannya pun tidak hanya berupa angka saja, tetapi juga data lainnya yang bersifat kualitatif.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai metodologi penelitian pendidikan dan informasi dasar lainnya yang dapat penulis jelaskan.



Simak Video "Kata KUA Pondok Gede Soal Isu Ayus dan Nissa Sabyan Nikah"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia