Menyusuri Ceking Tegallalang Rice Terrace, Foto dengan View Persawahan

Menyusuri Ceking Tegallalang Rice Terrace, Foto dengan View Persawahan

Agus Eka - detikBali
Selasa, 03 Mei 2022 15:01 WIB
Wisatawan asing menikmati segarnya udara persawahan di Ceking Tegallalang, Gianyar.
Wisatawan asing menikmati segarnya udara persawahan di Ceking Tegallalang, Gianyar. (Foto: Agus Eka/detikBali)
Gianyar -

Mencoba sisi lain dari Bali yang identik dengan deretan wisata pantai. Cobalah sesekali berkunjung ke wilayah Bali tengah, tepatnya di Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Objek wisata ini ikonis karena banyak dijumpai sebagai latar di sejumlah foto.

Sistem irigasi pertanian di Bali atau subak menjadi daya pikat khusus di Pulau Dewata.


Pemandangan memukau dari hamparan sawah hijau berundak rupanya diminati wisatawan mancanegara.

Sistem persawahan terasering itu dapat dijumpai di objek wisata Ceking Tegallalang Rice Terrace, Gianyar. Destinasi wisata itu sudah ada sejak lama dan sudah dikenal luas. Ini mengingat sistem pertanian terasering sudah diterapkan sejak dahulu seiring dikembangkannya objek wisata tersebut.

Secara topografi, wilayah Tegallalang juga berbukit-bukit. Hal ini membuat pola penanaman padi di sawah mengikuti kontur tanah. Kondisi itu kian menambah nilai jual. Tak ayal, wisatawan dari berbagai dunia selalu ingin berkunjung ke Ceking Tegallalang.

Ceking Tegallalang Rice Terrace berlokasi di Dusun Ceking, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Objek wisata ini sangat mudah dicari karena berada persis di pinggir jalan raya utama Kintamani-Ubud.

Untuk menempuh perjalanan dari Ubud menuju Tegallalang Rice Terrace hanya butuh waktu 20 menit. Lahan parkir sudah tak jadi masalah di sana. Wisatawan tinggal turun lalu menikmati hamparan sawah berundak.

Jika datang pagi-pagi, akan lebih komplet lagi karena bisa menyaksikan aktivitas para petani.

Aktivitas membajak sawah, menanam padi, hingga membersihkan sawah tampaknya sangat diminati turis asing karena pemandangan itu adalah pengalaman baru bagi wisatawan.

Karena itu, pengelola memberikan kesempatan bagi turis-turis untuk dapat berfoto bersama petani sambil berjalan di pematang sawah. Selain berfoto, ada jalur khusus untuk bisa menyusuri persawahan.

Pengunjung juga bisa berfoto di beberapa titik. Pengelola sudah menyediakan tempat foto khusus berlatar sawah.

Setelah lelah menempuh perjalanan, wisatawan bisa beristirahat di beberapa kios. Terdapat resto yang menyajikan aneka kuliner dengan beragam gaya dan cita rasa. Tak lupa, ada banyak kios yang menjajakan aneka suvenir yang bisa dibawa pulang dari Bali.

Lokasi ini bisa diakses kapan saja. Mengingat Ceking Tegallalang adalah kawasan terbuka. Namun untuk bisa berwisata, pengunjung bisa datang sejak pagi pukul 08.00 hingga 18.00.



Simak Video "Menikmati Sunset di Tengah Persawahan Kosong di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)