Jadwal Vaksinasi Booster di Kupang NTT Besok, Jumat 22 April 2022

Djemi Amnifu - detikBali
Kamis, 21 Apr 2022 20:26 WIB
Suasana pelayanan vaksin booster di Sekretariat PW NU NTT, Kamis (21/4/2022).
Suasana pelayanan vaksin booster di Sekretariat PW NU NTT, Kamis (21/4/2022). Foto: Djemi Amnifu/detikBali
Kupang -

Warga Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya di Kota Kupang dan sekitarnya, tidak perlu bingung untuk mencari posko layanan vaksin COVID-19 dosis lanjutan atau dosis ketiga (booster).

Khusus untuk Jumat, 22 April 2022 besok, masyarakat yang ingin mendapat vaksin booster bisa mendatangi sentra-sentra vaksin berikut:

1. Puskesmas Oesapa
2. Puskesmas Kota Kupang
3. Puskesmas Oepoi
4. Puskesmas Sikumana
5. Puskemas Alak
6. Puskesmas Manutapen
7. Puskesmas Oebobo
8. Puskesmas Fontein


Adapun kegiatan Vaksinasi booster ini dimulai pukul 08.00 Wita.

Syaratnya mudah, cukup dengan membawa fotokopi KTP atau kartu keluarga, serta membawa kartu vaksin, kamu bisa mendapat vaksin. Dengan catatan, warga sudah menerima vaksin dosis kedua minimal 3 bulan sebelumnya.

Vaksin booster diberikan bagi warga usia 18 tahun ke atas, termasuk lanjut usia.

Vaksinasi Booster di Kantor PW NU NTT

Sementara itu, hari ini Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PW NU) NTT dan Polda NTT bekerjasama melayani vaksin booster bagi masyarakat umum dimasa bulan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

PW NU Provinsi NTT memberikan pelayanan satu juta vaksin booster bagi masyarakat umum, pada Kamis (21/4/2022), yang merupakan hasil kerjasama PWNU NTT, Kanwil Agama NTT, Biddokkes Polda NTT, serta RSB Titus Uly Kupang.

Terpantau warga berbondong-bondong memadati Kantor PWNU NTT mulai dari remaja, lansia dan anak-anak yang terletak di Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang untuk mendapatkan vaksin booster.

Sukila (35), warga Kelurahan Kayu Putih usai mendapat vaksin booster mengaku mendapat informasi ada pelayanan booster, sehingga datang ke Kantor PW NU NTT.

Menurut Sukila, vaksin booster menjadi persyaratan wajib dari pemerintah bagi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran.

"Saya sudah vaksin dosis I dan II, sekarang minta untuk suntikan booster, karena rencananya akan mudik lebaran," ujarnya.

Sementara Ketua PW NU NTT, Pua Monto Umbu Nay mengatakan vaksin booster ini dilayani untuk kaum muslim dan masyarakat umum jelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pelayanan ini dilakukan karena pemerintah telah menetapkan vaksin booster sebagai syarat bagi kaum muslim yang akan melakukan mudik lebaran.

"Kami membuka pelayanan vaksin booster bagi masyarakat muslim yang akan mudik lebaran, sebab ketentuan pemerintah wajib booster," katanya.

Selain melayani booster, PW NU NTT juga melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua bagi masyarakat umum yang belum tersentuh vaksinasi.

"Vaksin booster serta dosis I, dan II, serta pelayanan vaksinasi di beberapa tempat di wilayah Kota Kupang maupun semua kabupaten yang bekerjasama dengan kepolisian," ujarnya.

Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto yang hadir memantau pelaksanaan vaksin mengatakan pihaknya sangat mendukung pelayanan vaksinasi booster dengan target satu juta dosis untuk menjangkau masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan vaksin.

Setyo Budiyanto berharap melalui vaksinasi dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh (herd immunity) sekaligus mendukung program pemerintah terhadap percepatan vaksinasi di NTT.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Masuk Mal, Begini Respons Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)