Warga Padati Pantai Sanur saat Banyu Pinaruh, Sembahyang-Rekreasi

Warga Padati Pantai Sanur saat Banyu Pinaruh, Sembahyang-Rekreasi

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Minggu, 23 Okt 2022 10:24 WIB
Putri Pratiwi (35), tengah bersembahyang sebelum memulai ritual Banyu Pinaruh, di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022).
Putri Pratiwi (35), tengah bersembahyang sebelum memulai ritual Banyu Pinaruh, di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022). Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri-detikBali
Denpasar -

Warga tampak memadati kawasan Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022) pagi. Dari pantauan detikBali di lokasi, beragam aktivitas dilakukan warga, mulai dari bersembahyang Banyu Pinaruh hingga rekreasi dengan berenang atau kulineran.

Salah satu pengunjung Pantai Sanur, Putri Pratiwi (35) terlihat selesai melakukan persembahyangan di area bibir pantai. Ia bersama suami, dan kedua anaknya sengaja datang ke Pantai Sanur untuk melakukan Banyu Pinaruh.

"Saya dan keluarga rutin Banyu Pinaruh di sini karena bisa sekalian refreshing. Ombak di sini juga tidak terlalu besar dan lumayan dangkal, jadinya aman juga kalau anak-anak mau berenang," ucap perempuan asal Gianyar ini.


Ia membawa sarana ritual Banyu Pinaruh, seperti canang sari dan rarapan yang dihaturkan ke segara dan bhatara baruna. "Saya haturkan untuk meminta izin sebelum Banyu Pinaruh. Sekaligus minta izin agar disucikan atau dibersihkan dari kesialan atau leteh-leteh, supaya ke depan bisa lebih bersih ketika akan melanjutkan ke rahinan selanjutnya. Rahinan terdekat kan Pagerwesi hari Rabu nanti," paparnya.

Tak berbeda jauh dari Putri Pratiwi, salah satu pengunjung lainnya, Agus Pradipta (29) mengaku sengaja datang pukul 06.00 Wita, untuk melakukan Banyu Pinaruh bersama pasangannya. Ia sengaja datang pagi-pagi untuk menghindari keramaian.

"Setiap Banyu Pinaruh pasti di sini. Soalnya dekat dari rumah, sama bisa sekalian cari sarapan. Harga makanan-makanan di sini juga lumayan murah, jadinya betah lama-lama diam di sini," akunya.

Untuk diketahui, ritual Banyu Pinaruh merupakan prosesi yang dirayakan sehari setelah Hari Raya Saraswati. Banyu Pinaruh dipercaya umat Hindu sebagai pembersihan diri dari segala hal negatif.



Simak Video "Hiburan Saat Liburan, Bermain Layang-layang di Tepi Pantai Sanur Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/hsa)