Dua Bersaudara di Jembrana Borong Emas Cabor Panjat Tebing Porprov Bali

Jembrana

Dua Bersaudara di Jembrana Borong Emas Cabor Panjat Tebing Porprov Bali

I Putu Adi Budiastrawan - detikBali
Minggu, 27 Nov 2022 03:20 WIB
Kakak beradik Komang Ayu Suartini dan Ni Ketut Yunita Suarini menunjukan medali saat berlaga di cabor panjat tebing Porprov Bali 2022, Sabtu (26/11/2022).
Kakak beradik Komang Ayu Suartini dan Ni Ketut Yunita Suarini menunjukan medali saat berlaga di cabor panjat tebing Porprov Bali 2022, Sabtu (26/11/2022). (I Putu Adi Budiastrawan/detikBali)
Jembrana -

Kakak adik asal Jembrana Ni Komang Ayu Suartini (22) dan Ni Ketut Yunita Suarini (19) memborong medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2022. Saudara kandung itu meraih emas dari cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

"Awalnya anak pertama saya menjadi atlet panjat tebing profesional, sehingga menjadi motivasi untuk adik-adiknya ikut meneruskan jejak sang kakak," ungkap I Nengah Tarba, ayah dari dua bersaudara tersebut saat ditemui di rumahnya, Sabtu (26/11/2022).

Tarba menceritakan, kedua anak perempuannya itu sempat takut ketinggian saat pertama ikut latihan panjat tebing. Tak hanya itu, mereka juga sampai menangis dan ingin pulang. "Sampai nangis anak saya dilatih kakaknya ini, tapi lama kelamaan mereka jadi terbiasa," katanya.


Warga Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, itu memang kerap dijuluki sebagai keluarga atlet oleh warga setempat. Terlebih, keempat anak Tarba menjadi atlet berprestasi.

"Kami memiliki empat orang anak, salah satunya (anak ke dua) menjadi atlet road race dan sisanya menjadi atlit panjat tebing. Mungkin itu juga alasan tetangga memanggil si keluarga atlet," tambahnya.

Awalnya Suka Menari

Ni Komang Ayu Suartini mengaku awalnya lebih tertarik belajar menari ketimbang panjat tebing. Namun, karena dorongan keluarga, ia pun ikut dengan kakaknya hingga kini meraih medali emas.

"Saat mencoba mendalami olahraga panjat tebing ini sangat seru, jadi keterusan ikut kakak saya untuk latihan. Pertama kali juara saat masih SMP," tuturnya.

Suartini sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan panjat tebing dan langganan juara. Saat Porprov Bali 2022, ia dan kakaknya mendapat total 5 emas.

"Itu berbagai katagori baik individual dan tim. Kalau saya, individual mendapatkan 2 emas, untuk kategori tim 2 emas dan 1 perak," paparnya.

Sementara itu, Ni Ketut Yunita Suarini menceritakan, sejak SD dirinya sudah mulai mengikuti kedua kakaknya untuk latihan panjat tebing. Ia pun awalnya sempat belajar menari sebelum akhirnya intens berlatih panjat tebing.

"Kalau dulu saya memang senang menari. Tetapi karena lihat kakak sering juara dan mendapat bekal tambahan, jadi ikut ke sana (panjat tebing)," ujarnya.

Adapun medali yang dikoleksi Yunita pada Porprov Bali 2022, di antaranya 1 medali perunggu individual, 1 medali perak tim, dan 2 medali emas tim.



Simak Video "Aksi 'Spiderman' Indonesia Kiromal Katibin Saat Pecahkan Rekor Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/dpra)