Musnahkan Barang Bukti, Belasan Smartphone Digeprek Kejari Karangasem

Musnahkan Barang Bukti, Belasan Smartphone Digeprek Kejari Karangasem

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Selasa, 27 Sep 2022 13:23 WIB
Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem melakukan pemusnahan barang bukti kejahatan di belakang kantor Kejari Karangasem pada Selasa (27/9/2022).
Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem melakukan pemusnahan barang bukti kejahatan di belakang kantor Kejari Karangasem pada Selasa (27/9/2022). Foto: I Wayan Selamat Juniasa
Karangasem -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem melakukan pemusnahan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap di belakang kantor Kejari Karangasem pada Selasa (27/9/2022). Dari pemusnahan tersebut ada sebanyak 16 smartphone yang dimusnahkan dengan cara digeprek menggunakan palu.

Kepala Kejari Karangasem Endang Tirtana mengatakan pemusnahan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap tersebut dilakukan supaya tidak ada lagi penumpukan barang yang nantinya bisa disalahgunakan. Total ada sebanyak 25 perkara pidana dengan jumlah sebanyak 105 barang bukti yang dimusnahkan.

"Untuk smartphone tadi kita geprek menggunakan palu, hal tersebut kita lakukan agar barang bukti itu benar-benar hancur," kata Kepala Kajari Karangasem Endang Tirtana saat ditemui di belakang kantor Kejari Karangasem, Selasa (27/9/2022).


Sedangkan barang bukti lainnya seperti narkotika jenis sabu dan ganja dilarutkan ke dalam air sedangkan barang bukti lainnya seperti baju, celana dan yang lainnya dibakar. 105 barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari perkara narkotika, pencurian, perselingkuhan dan yang lainnya.

"25 kasus perkara pidana yang kita hancurkan ini periode Bulan Juli 2022-September 2022 yang sudah inkracht sesuai putusan pengadilan sehingga langsung kita eksekusi supaya tidak terjadi penumpukan," kata Endang Tirtana.

Pemusnahan ratusan barang bukti tersebut dilakukan oleh Kajari Karangasem Endang Tirtana, Kasi Intel Kejari Karangasem I Dewa Gede Semara Putra, Kasi Datun Kejari Karangasem Putu Oka Surya Atmaja dan para Kasi lainnya yang ada di Kejari Karangasem.



Simak Video "Bea Cukai Asahan Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 3,7 M"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)