Delegasi TWG G20 Nikmati Suguhan Seni Budaya Bali di Atas Kapal Pinisi

Delegasi TWG G20 Nikmati Suguhan Seni Budaya Bali di Atas Kapal Pinisi

Tim detikBali - detikBali
Sabtu, 24 Sep 2022 17:33 WIB
Sejumlah delegasi TWG G20 menikmati pertunjukan seni budaya Bali di atas kapal pinisi Sea Safari Cruise di Pelabuhan Benoa, Bali.
Sejumlah delegasi TWG G20 menikmati pertunjukan seni budaya Bali di atas kapal pinisi Sea Safari Cruise di Pelabuhan Benoa, Bali. Foto: Kemenparekraf
Denpasar -

Sejumlah delegasi pertemuan The 2nd Tourism Working Group (TWG) yang merupakan salah satu working group dari Presidensi Indonesia KTT G20 tahun 2022 menikmati pertunjukan seni budaya Bali di atas kapal pinisi Sea Safari Cruise di Pelabuhan Benoa, Bali. Kegiatan tersebut diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pelaksana The 2nd Tourism Working Group dengan cara menjamu seluruh delegasi dalam welcoming sunset dinner.

Tak sekadar acara penutup the 2nd TWG, delegasi diajak berlayar dan makan malam sambil menikmati suasana malam dan juga ragam keindahan seni budaya Bali.

"Suguhan seni dan budaya dalam acara welcoming dinner ini kami harapkan dapat meninggalkan kesan yang baik bagi para delegasi tentang keindahan juga keragaman seni budaya yang ada di Bali," ujar Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh dalam keterangan resmi yang diterima di Sabtu (24/9/2022).



Para delegasi berangkat dari Pelabuhan Tanjung Benoa dan berlayar di sekitar perairan Laut Benoa selama kurang lebih satu jam. Di bawah langit malam Bali yang cerah, para delegasi disuguhi ragam seni budaya Bali salah satunya Tari Sekar Jagat.

Frans Teguh menjelaskan, kegiatan itu sekaligus menjadi sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif yang efektif bagi para delegasi yang hadir di Pulau Dewata. Dan diharapkan dapat meninggalkan kesan yang baik bagi para delegasi tentang keindahan juga keragaman seni budaya yang ada di Bali.

"Sekaligus bisa menjadi sarana promosi pariwisata juga ekonomi kreatif yang efektif bagi para delegasi. Sehingga mereka nantinya dapat bercerita lebih jauh tentang betapa indah dan menariknya alam dan budaya Bali," kata Frans Teguh.

Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham menyampaikan pihaknya berterima kasih atas kehadiran para delegasi dalam acara welcoming dinner setelah seharian penuh melakukan diskusi berbagai hal dalam upaya mendorong pemulihan pariwisata dan membuat pariwisata lebih inklusif dan tangguh.

"Terima kasih atas kehadiran seluruh delegasi. Ini hari yang panjang untuk kita, atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kami sekali lagi menyampaikan terima kasih dan selamat datang di Wonderful of Bali," ujar Diah Martini Paham.

Menparekraf Sandiaga Uno sebelumnya saat memberikan opening remarks 2nd TWG berharap para delegasi dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di Bali.

"Saya berharap, selain menjadi delegasi dalam pertemuan G20, juga dapat meluangkan waktu untuk menjadi turis di Bali, dan menikmati semua keajaiban yang ditawarkan Bali," ujarnya.

Terkait TWG, ia berharap para delegasi untuk dapat menuntaskan last mile dari pertemuan Tourism Working Group pada KTT G20 dan mencapai kesepakatan tentang beberapa masalah atau isu yang tersisa, sehingga dapat memfinalisasikan Bali Guidelines.

G20 Bali Guideline nantinya akan disepakati oleh para Menteri pada Tourism Ministerial Meeting (TMM) yang menjadi rangkaian akhir dari pelaksanaan Tourism Working Group. TMM dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 26 September 2022 dan akan dihadiri kurang lebih 127 delegasi.



Simak Video "Melihat Lokasi KTT G20 yang Bakal Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)