BP3MI Bali Koordinasi dengan Kemlu Fasilitasi Pemulangan PMI dari Turki

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Selasa, 16 Agu 2022 20:28 WIB
Kasubag Tata Usaha BP3MI Bali, Ni Putu Ayu Saraswati (31) pada Selasa (16/8/2028)
Foto: Kasubag Tata Usaha BP3MI Bali, Ni Putu Ayu Saraswati (31) pada Selasa (16/8/2028) (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Denpasar -

Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bangli bernama I Gusti Ayu Vira Wijayantari yang mengaku sakit dan tak punya biaya, merasa lebih baik dirawat di Bali dibandingkan di Turki. Hal itu lantaran biaya perawatan kesehatan di sana yang tergolong tinggi. Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terkait fasilitasi pemulangan Vira.

"Makanya dia meminta untuk dipulangkan. Lalu, hasil komunikasi dengan Disnaker Bali di infonya akan mengupayakan terlebih dahulu pemulangan PMI. Kami juga telah berkoordinasi dengan Kemlu perwakilan di Turki mengenai fasilitasi kepulangannya," tutur Kasubag Tata Usaha BP3MI Bali, Ni Putu Ayu Saraswati (31) pada Selasa (16/8/2022). .

BP3MI memastikan kondisi I Gusti Ayu Vira Wijayantari yang kini berada dalam kondisi kondusif. Sejak Minggu (14/8/2022) pihak BP3MI telah mendapatkan informasi terkait kondisi PMI tersebut.


"Saat ini PMI dalam kondisi yang terfasilitasi oleh perusahaan tempatnya bekerja. Fasilitas yang diberikan adalah tempat untuk beristirahat dan saya juga dapat informasi, teman-temannya yang berinisiatif membawa PMI ke dokter," katanya pada Selasa (16/8/2022).

Ayu menjelaskan, Vira merupakan PMI yang bekerja secara resmi karena telah memiliki visa kerja, kontrak, paspor, asuransi dan terdaftar pada SISKOP2MI. Sementara itu, berdasarkan data, sejak awal tahun 2022 hingga bulan Juli 2022, terdapat pemulangan 47 orang PMI asal Bali mengalami kendala yang mana sebagian besar dari Ukraina. Lalu, berdasarkan data ada 4 PMI yang sakit, dan 4 PMI meninggal.

Sebelumnya, kisah PMI asal Bangli, Bali, yang bernama I Gusti Ayu Vira Wijayantari (23) viral di media sosial. Vira mengaku kondisinya saat ini tengah sakit dan minta agar segera dipulangkan ke Bali. Hal tersebut ia sampaikan melalui surat yang ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (14/8/2022) lalu.



Simak Video "Ratusan Pekerja Migran Indonesia Ilegal Diamankan di Sumut"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)