Dulu 50 Truk, Kini Pengiriman Sapi Bali ke Jawa Hanya 5 Truk Sehari

I Ketut Suardika - detikBali
Rabu, 29 Jun 2022 08:32 WIB
Kendaraan barang yang masuk Bali disemprot disinfektan secara otomatis di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Selasa (28/6/2022).
Kendaraan barang yang masuk Bali disemprot disinfektan secara otomatis di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Selasa (28/6/2022). (Foto: I Ketut Suardika/detikBali)
Jembrana -

Pengiriman hewan ternak sapi dari Bali ke Jawa via Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, menurun. Kini pengiriman sapi Bali ke Pulau Jawa hanya sekitar 3-5 truk setiap harinya.

Penanggungjawab Karantina Pertanian Wilker Gilimanuk Nyoman Ludra mengatakan, jumlah tersebut jauh berkurang dibandingkan data per akhir Mei hingga awal Juni lalu yang setiap harinya mencapai 50 truk. Satu truk berisi hingga 20 ekor sapi.

"Kalau sekarang lima truk aja, nggak ada. Tadi saja ada cuma tiga truk, mungkin sisa-sisanya saja itu," kata Ludra kepada detikBali, Selasa (28/6/2022).


Untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak, Pelabuhan Gilimanuk kini diawasi ketat. Hewan yang akan keluar Bali akan diperiksa petugas. Kendaraan angkutan hewan yang masuk ke Bali juga disterilkan dengan sistem biosekuriti.

Ludara mengatakan, pengangkutan sapi ke luar Bali dilakukan sesuai standard operating procedure (SOP) yang berlaku. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan dokumen fisik terhadap hewan yang telah dikarantina.

"Begitu dokumen lengkap, fisiknya sehat, kemudian dilakukan sertifikasi, sehingga sapi itu boleh berangkat," kata Ludra.

Kendaraan barang yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk juga langsung disemprot menggunakan disinfektan. Alat penyemprotan disinfektan tersebut dipasang di pintu masuk pos 2 Pelabuhan Gilimanuk.

"Begitu keluar dari pos 2 menuju arah ke Denpasar, kendaraan akan langsung diarahkan ke tempat penyemprotan atau spraying," imbuhnya.



Simak Video "Pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk Diperketat Jelang Event Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)