Sudirta Apresiasi Kebijakan Bebas Visa dari Pemerintah Kazakhstan

tim detikBali - detikBali
Kamis, 09 Jun 2022 21:41 WIB
Kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).
Kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022). Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Kazakhstan, I Wayan Sudirta (F-PDIP) mengapresiasi kebijakan bebas visa dari Pemerintah Kazakhstan, yang berlaku sejak Oktober 2019 lalu. Kata Sudirta, kebijakan bebas visa dari Pemerintah Kazakhstan itu bisa membuka potensi pariwisata antara Warga Negara Indonesia dan Kazakhstan.

"Kami (GKSB DPR RI) mengapresiasi kebijakan bebas visa dari Pemerintah Kazakhstan mulai Oktober 2019 lalu. Hal ini membuka potensi pariwisata antara Warga Negara Indonesia dan Kazakhstan," ujar Wayan Sudirta, saat Parlemen Kazakhstan menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia Daniyar Sarekenov, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Sudirta yang juga anggota Komisi III dari Fraksi PDI-P Dapil Bali ini menambahkan, hubungan bilateral antara Indonesia - Kazakhstan yang sudah terjalin selama hampir 30 tahun, memiliki banyak kesamaan. Sebagai bagian dari Eurasia Economic Union (EAEU), dan menjadi negara dengan perekonomian kuat di Asia Tenggara (Indonesia) dan Asia Tengah (Kazakhtan), imbuhnya, people-to-people relation masih menjadi tumpuan penting dalam meningkatkan diplomasi antar kedua negara.


"Kazakhstan dapat menjadi 'mitra' bagi Indonesia untuk membangun bisnis dengan negara-negara Eurasia, seperti Rusia, Belarus, Armenia, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan," imbuh Wayan Sudirta.

Bahkan menurutnya, pada Agustus 2022, sejumlah pelaku usaha dan maskapai penerbangan Kazakhstan direncanakan menggelar pertemuan dengan otoritas terkait untuk membahas opsi direct flight.

Sedangkan saat pertemuan, kedua pihak membahas sejumlah hal terkait upaya peningkatan hubungan kerja sama Indonesia - Kazakhstan. Turut hadir saat pertemuan, yakni Anggota GKSB DPR-Parlemen Kazakhstan, Putu Supadma Rudana (F-PD) dan Muhammad Hidayat Nur Wahid (F-PKS).

Dubes Kazakhstan mengapresiasi pertemuan yang berlangsung dan menyampaikan banyaknya potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan. Sebagai informasi, Kazakhstan saat ini masih mendorong adanya penerbangan langsung Kazakhstan dan Indonesia sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan kedua negara.



Simak Video "Jepang Buka Wisata Individu Bebas Visa dan Hapus Pembatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)