Jambi

Gubernur Jambi Ancam Tutup Pabrik yang Beli TBS Sawit di Bawah Rp 2.000

Ferdi Almunanda - detikSumut
Jumat, 05 Agu 2022 11:59 WIB
Gubernur Jambi Al Haris.
Gubernur Jambi Al Haris. (Foto: Ferdi Almunanda/detikSumut)
Jambi -

Pemerintah Provinsi Jambi mengumumkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di wilayah itu di angka Rp 2.016 rupiah per kg. Gubernur Jambi Al Haris mengancam akan mencabut izin pabrik kelapa sawit (PKS) yang membeli TBS dari petani di bawah harga yang telah ditetapkan itu.

"Jadi mulai hari ini harga TBS sawit kita di Jambi senilai Rp 2.016 dan tidak ada yang dibawah harga yang sudah ditetapkan," kata Al Haris usai rapat dengan pengusaha dan petani sawit di Rumah Dinas Gubernur Jambi di Jalan Raden Pamuk, Beringin, Kota Jambi, Jumat (5/8/2022).

Dia menegaskan, pemerintah akan memantau penerapan harga itu di lapangan. Tim pemantauan pun akan dibentuk.


Apabila ada pabrik yang tidak mengikuti putusan harga yang ditetapkan Pemprov Jambi akan diberikan teguran hingga sanksi tegas.

"Kita akan pantau terus harga-harga ini sampai ketingkat petani paling bawah. Apakah ada pabrik yang menjalankannya apakah tidak, kalau tidak apa alasannya, kita akan minta laporan tertulis kalau tidak bisa ikuti ketentuan harga itu, kalau memang pabrik melanggar maka akan kita tegur," tegasnya.

Dia mewanti-wanti agar pihak pabrik tak bermain-main dengan harga yang telah ditetapkan itu. Bila kedapatan, dan telah ditegur berulang-ulang tetapi masih bandel, maka akan dicabut izinnya.

"Jika 1 kali kita tegur tidak diindahkan, lalu dua kali sampai tiga kali, maka kita akan cabut izin pabrik itu," ucap Haris.

Nantinya, Pemprov Jambi juga akan membentuk satuan tugas (satgas) yang bertugas memantau penerapan harga TBS yang telah ditetapkan. Satgas ini akan ditempatkan di beberapa lokasi yang memiliki lahan sawit dan pabrik sawit di Jambi sampai ke tingkat desa.

"Tujuan adanya Satgas ini agar ini dapat berjalan, jangan sampai nanti petani sawit kita ini menderita, kalau ada satgasnya ini kan dia bisa berkeliling memantau untuk bisa mengetahui berapa harga TBS setiap hari. Kalau ada yang bermain dengan harga akan ketahuan nanti, itu saja intinya," terang Haris.

Ketentuan kenaikan harga TBS ini juga akan berlaku kepada seluruh petani sawit di Jambi baik itu bermitra maupun non mitra dengan pabrik kelapa sawit (PKS).



Simak Video "Gubernur Murka SMA Unggulan di Jambi Banyak Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)