5 Tips Menikmati Kopi Tanpa Khawatir Asam Lambung Naik

5 Tips Menikmati Kopi Tanpa Khawatir Asam Lambung Naik

Tim detikFood - detikSumut
Minggu, 23 Okt 2022 07:31 WIB
Minum Kopi Baik atau Buruk untuk Ginjal? Ini Kata Pakar
Ilustrasi secangkir kopi hitam (Foto: Getty Images)
Medan -

Sebagian orang khawatir ketika minum kopi asam lambungnya akan naik. Ternyata ada cara minum kopi tanpa harus khawatir asam lambung.

Dilansir detikFood Minggu (23/10/2022), kopi sejatinya adalah minuman penambah energi. Kandungan kafein pada kopi dapat merelaksasi otot perut sehingga asam lambung lebih mudah masuk ke dalam saluran esofagus.

Berdasarkan penelitian ternyata kopi tidak memiliki kaitan kuat dan sebagai penyebab utama dari meningkatnya asam lambung. Tetapi untuk mencegah efek buruknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan.


Berikut ini lima tips untuk minum kopi tanpa memicu asam lambung menurut Drink Golden Ratio:

1. Tanpa Pemanis

Kopi yang berdampak buruk pada asam lambung juga bisa disebabkan oleh bahan pelengkap di dalamnya. Banyak orang yang lebih senang menambahkan krim atau pemanis ke dalam kopinya.

Pemanis ini diungkapkan oleh ahli dapat menyebabkan perut menjadi lebih kembung dan efek inflamasi pada tubuh secara umum. Hal ini lantaran pemanis yang dikonsumsi butuh dicerna lebih lama sehingga perut akan memproduksi asam lambung yang lebih banyak.

Ahli gizi lebih menyarankan untuk mengonsumsi kopi secara murni tanpa pemanis apapun. Selain itu jika kamu penikmat kopi susu, menambahkan susu plant-based seperti oatmilk atau susu kedai juga jauh lebih disarankan.

2. Perhatikan Kandungan Kafeinnya

Kopi akan selalu nikmat jika dikonsumsi pada batas yang dianjurkan. Walaupun dikonsumsi oleh orang dewasa yang sehat dengan tanpa keluhan medis apapun tetapi tidak disarankan untuk menikmati kopi secara berlebihan.

Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa batas aman asupan kafein untuk orang dewasa sebanyak 400 miligram per hari atau setara dengan empat cangkir kopi. Tetapi perlu diingat bahwa kandungan kafein pada kopi juga ditentukan dengan tingkat pemanggangan biji kopi.

Memilih kopi dengan tingkat pemanggangan yang lebih lama atau dikenal dengan istilah dark roast akan jauh lebih aman untuk asam lambung. Jika ingin mencobanya di kafe kamu bisa mendapatkan informasinya dengan bertanya kepada barista yang bertugas.

Mau Tau Tips Berikutnya. Baca Halaman Selanjutnya......



Simak Video "Ini Motif Ibu Beri Kopi ke Bayi: Untuk Dapat Sumbangan"
[Gambas:Video 20detik]