Lampung

Puluhan Warga Lampung Keracunan Mie Ayam, Polisi Periksa Tuan Rumah Pengajian

Tommy Saputra - detikSumut
Senin, 18 Jul 2022 18:53 WIB
Kondisi warga keracunan mie ayam di Pesawaran, Lampung.
Kondisi warga keracunan mie ayam di Pesawaran, Lampung. (Foto: Istimewa)
Lampung -

Puluhan warga Desa Lumbirejo, Kecamatan Negeri Katon, Pesawaran, Lampung terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai mengonsumsi mie ayam dalam acara pengajian di salah satu rumah warga. Polisi pun memeriksa tuan rumah yang menghelat acara pengajian itu.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengungkapkan, saat ini sebagian korban keracunan sudah diizinkan pulang dan menjalani rawat jalan. Namun masih ada sekitar 30 warga yang dirawat di puskesmas dan rumah sakit.

"Sekarang tinggal 30 orang yang dirawat baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Rata-rata keluhannya muntah-muntah dan pusing di kepala," katanya kepada detikSumut, Senin (18/7/2022).


Sebagian besar warga yang keracunan dirawat di RS Pesawaran. Saat ini, tim kesehatan baik dari dinas terkait maupun Polres Pesawaran telah mengambil sampel dari mie ayam tersebut.

"Kalau terhadap pemeriksaan mie sendiri itu aman, begitu juga dengan ayamnya. Diduga ada bahan lain yang membuat warga keracunan, untuk itu masih menunggu hasil laboratoriumnya," terang Pratomo.

Selain menguji sampel mie ayam yang dikonsumsi warga, polisi juga telah memeriksa pemilik rumah yang menghelat acara pengajian itu.

"Sudah kita mintai keterangan, statusnya juga masih sebagai saksi,"ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Media Apriliana menjelaskan kondisi para korban yang berangsur pulih.

"Hasilnya sampel belum diketahui ya karena baru hari ini kami kirim ke Labkesda Provinsi. Biasanya hasilnya baru bisa diketahui dua hari mendatang," kata Media.



Simak Video "Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan"
[Gambas:Video 20detik]