Lampung

Puluhan Warga di Lampung Keracunan Mie Ayam Usai Hadiri Pengajian

Tommy Saputra - detikSumut
Senin, 18 Jul 2022 17:56 WIB
Warga Desa Lumbirejo, Pesawaran, Lampung dirawat di RS usai keracunan mi ayam.
Warga Desa Lumbirejo, Pesawaran, Lampung dirawat di RS usai keracunan mie ayam. (Foto: Istimewa)
Lampung -

Puluhan warga yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak di Desa Lumbirejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena keracunan mie ayam. Mereka dilaporkan keracunan usai menghadiri pengajian di salah satu rumah warga di sana.

"Mereka ini keracunan mie ayam yang disajikan tuan rumah penyelenggara pengajian ibu-ibu," kata Kepala Badan Pembinaan Desa (BPD) Lumbirejo, Luken Sumarno kepada detikSumut, Senin (18/7/2022).

Dia mengungkapkan, kejadian ini terjadi pada Jumat (15/7) malam lalu. Saat itu, warga kampung baru saja menghadiri acara pengajian. Salah satu menu hidangan yang disajikan adalah mie ayam. Pulang dari sana, beberapa warga mengeluh sakit perut dan muntah-muntah.


"Mulai sakitnya itu malam harinya, gejalanya itu muntah-muntah serta selalu buang air besar," ujarnya.

Beberapa warga yang mengalami keracunan pada Jumat malam, langsung di bawa ke puskesmas. Esok paginya, makin banyak warga yang keracunan.

"Besok paginya korban (warga setempat) dengan gejala yang sama semakin banyak, kami langsung evakuasi ke puskesmas. Karena di puskesmas tenaga medisnya kurang, sebagian kami bawa ke rumah sakit," terang Luken.

Hingga hari ini sebagian warga masih dilakukan perawatan baik di puskesmas maupun rumah sakit. Kata dia, perangkat desa dan tim kesehatan sempat mengalami kesulitan untuk mendapatkan sampel makanan lantaran sudah tidak bersisa.

"Semua makanannya habis, jadi kami ambil sampel dari kotoran warga. Saat ini masih menunggu hasil laboratorium," pungkasnya.



Simak Video "Puluhan Siswa MI Bulurejo Magelang Keracunan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)