Lampung

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Basarnas Siagakan Kapal Basudewa

Tommy Saputra - detikSumut
Senin, 18 Jul 2022 13:42 WIB
KN SAR 224 Basudewa yang disiagakan Basarnas Lampung.
KN SAR 224 Basudewa yang disiagakan Basarnas Lampung. (Foto: Istimewa)
Lampung -

Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi, hari ini, sekitar pukul 08.26 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 2.000 meter dari puncak gunung. Sejak kemarin, total Gunung Anak Krakatau telah mengalami empat kali erupsi.

Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Andi mengatakan erupsi hari ini tergolong normal.

"Tidak ada dentuman, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Sejak kemarin sudah empat kali erupsi," kata Andi kepada detikSumut, Senin (18/7/2022).


Andi melanjutkan, status GAK masih di kategori Siaga level III. Pihaknya mengimbau warga dan wisatawan untuk menjauhi gunung itu di radius 5 km.

"Kami mengimbau untuk masyarakat setempat maupun wisatawan untuk tidak mendekati lokasi hingga radius 5 kilometer," terangnya.

Sementara, seiring meningkatnya aktivitas GAK, Basarnas Lampung menyiagakan kapal SAR 224 Basudewa yang ditempatkan di Pelabuhan Peti Kemas Panjang, Bandar Lampung.

"Kami selalu melakukan pemantauan aktivitas dan kondisi dampak dari GAK melalui personel kami di Pos SAR Bakauheni. Selain itu, pihak kami menyiagakan KN SAR 224 Basudewa di Pelabuhan Panjang,"kata Kepala Kantor Basarnas Lampung, Deden Ridwansyah.

Basarnas juga mengimbau kepada masyarakat, agar selalu berhati hati dalam setiap melaksanakan kegiatan, dan selalu peka terhadap faktor cuaca dan lingkungan yg terjadi seperti adanya aktivitas GAK.

"Masyarakat harus peduli terhadap himbauan yg dikeluarkan oleh PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), khususnya yang beraktifitas di sekitar gunung api di provinsi Lampung," ungkapnya.

Apabila melihat kondisi yang sifatnya emergency dan membutuhkan pertolongan, masyarakat bisa menghubungi kami Basarnas Lampung di (0721) 7697 027 dan 082180048006 atau emergency call kami di 115 (bebas pulsa).



Simak Video "Penampakan Gunung Anak Krakatau Erupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)