Mengenang San Siro Fisipol UGM era 90-an, Lapangan Olahraga di Jantung Kampus

Mengenang San Siro Fisipol UGM era 90-an, Lapangan Olahraga di Jantung Kampus

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 29 Sep 2022 13:26 WIB
Taman San Siro di jantung kampus Fisipol UGM, Kamis (29/9/2022).
Taman San Siro di jantung kampus Fisipol UGM, Kamis (29/9/2022). Foto: Rizky Dafa Prasetyanto
Sleman -

Sebagian ruang publik di kampus yang menyimpan banyak kenangan bagi mahasiswa biasanya punya julukan tersendiri. Salah satunya ruang terbuka di kampus Fisipol UGM yang berjuluk San Siro. Bagaimana ceritanya taman yang dikepung gedung kampus itu dijuluki San Siro?

Mengenal San Siro

Identitas San Siro melekat pada setiap generasi mahasiswa. Konon penamaan itu sudah ada sejak era 80-an atau 90-an. Tenaga kependidikan di bidang umum dan perlengkapan Fisipol UGM, Damiri, menceritakan awal mula San Siro dari sudut pandang fakultas.

"Kalau dari fakultas tidak ada penamaan yang resmi. Sebutan San Siro muncul dari kalangan mahasiswa sendiri. Mungkin disebut San Siro karena dulunya taman itu kan lapangan voli dan bisa dipakai untuk main bola kecil-kecilan," kata Damiri ketika dihubungi detikJateng.


"Nah, mahasiswa zaman dulu favorit tim sepak bolanya masih dari Italia, makanya merujuk ke salah satu nama stadion di sana, yaitu San Siro milik Milan," imbuh Damiri.

Damiri juga membagikan kesan bahwa San Siro yang dulu memang lebih berkesan, terutama untuk para pegawai. Sebab, dulu San Siro masih dapat dimanfaatkan untuk olahraga.

"Kalau dibandingkan dengan sekarang memang lebih meriah dulu. Karena ada lapangan untuk olahraga. Apalagi ketika Dies Natalis itu kan ada lomba olahraga antar pegawai dan mahasiswa. Jadi rame, gayeng, semua meramaikan bareng-bareng di San Siro," kenang Damiri.

'Sana Sini Asap Rokok'

Menariknya, ada versi penafsiran lain dari San Siro yang muncul kembali dari spontanitas di kalangan mahasiswa. Hal itu diceritakan oleh salah satu dosen Ilmu Politik dan Pemerintahan, Joash Tapiheru, yang dulunya mahasiswa Fisipol UGM tahun 90-an.

"Saya 1998 mahasiswa D3 Komunikasi, terus 1999 pindah jurusan masuk S1 Politik dan Pemerintahan. Kalau awal sejarah nama San Siro saya kurang tahu. Yang saya ketahui San Siro itu akronim dari Sana Sini Asap Rokok. Karena dulu kan mahasiswa sering nongkrong di situ sambil merokok," tutur Joash.

Tentang San Siro pada era 90-an, silakan baca di halaman selanjutnya...