Jabatan Tinggi Pratama di Klaten Sepi Peminat, Ini Jadwal Seleksinya

Jabatan Tinggi Pratama di Klaten Sepi Peminat, Ini Jadwal Seleksinya

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 06 Des 2022 11:55 WIB
Kompleks perkantoran Pemkab Klaten di jalan Pemuda
Kompleks perkantoran Pemkab Klaten di jalan Pemuda. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng.
Klaten -

Pengisian jabatan tinggi pratama (JTP) di lingkungan Pemkab Klaten sepi peminat. Dari 32 pendaftar tidak satupun peserta yang berasal dari luar Klaten.

"Ini tidak ada pelamar dari luar daerah, sepi. Yang penting kita sudah umumkan melalui web Pemkab kita terbuka, tapi tetap tidak ada pelamar dari luar," ungkap Asisten Administrasi Pemkab Klaten, Surti Hartini kepada detikJateng di Pemkab Klaten, Selasa (6/12/2022).

Surti menjelaskan pendaftaran JTP tersebut sudah dibuka sejak bulan lalu dan ditutup pada 30 November. Dari proses itu ada total ada 32 pendaftar.


"Yang dilamar ada 8 kekosongan. Dinas Pendidikan ada 7 pelamar, DPUPR ada 4, BKPSDM ada 4 Bapedalitbang 3, staf ahli bidang pemerintahan hukum politik ada 4, sekretaris DPRD ada 3, Dinas pemberdayaan masyarakat ada 4 dan kepala dinas perindustrian ada 3 pelamar, jumlah keseluruhan 32 orang," papar Surti.

Dari jumlah 32 orang tersebut, jelas Surti, yang lolos seleksi administrasi ada 24 orang. Namun dari jumlah tersebut ada 3 jabatan yang pendaftarannya kurang dari 3 orang.

"Ada 3 lamaran yang kurang dari 3 pelamar dan ini pendaftaran diperpanjang. Yaitu kepala DPUPR, staf ahli bidang hukum dan politik dan kepala dinas perindustrian, sehingga sesuai ketentuan diperpanjang 3 hari (5-7 Desember 2022)," terang Surti.

Pendaftar yang lolos seleksi administrasi lanjut Surti, akan mengikuti uji kompetensi melalui penggalian potensi. Tahap uji kompetensi tersebut dilaksanakan mulai 14 Desember 2022.

"Uji kompetensi melalui penggalian potensi akan dilaksanakan tanggal 14-15 Desember hari Rabu dan Kamis. Termasuk di dalamnya wawancara," kata Surti.

Pengisian jabatan tinggi pratama tersebut, imbuh Surti, tidak hanya terbuka untuk aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Klaten. Namun terbuka untuk ASN di provinsi Jawa Tengah.

"Harapan kita yang ngelamar banyak sehingga kompetitif. Yang bisa ngelamar di lingkungan Pemkab Klaten dan se-Jawa Tengah tapi ini tidak ada dari luar daerah, dulu pernah ada dari Rembang," ucap Surti.

Dalam seleksi, kata Surti, dilaksanakan panitia seleksi. Pansel tersebut dari akademisi, birokrasi dan lainnya.

"Ketua panselnya rektor Unwidha, dekan fakultas ekonomi, ada juga dari dosen UNS, Sekda Kabupaten Klaten dan saya juga. Jadi dari luar 55 persen dan internal 45 persen," tambah Surti.

Khusus 3 jabatan yang pelamar kurang dari 3, ucap Surti, perpanjangan pendaftaran hanya satu kali. Setelah tidak ada lagi pendaftar, tahapan dilanjutkan.

"Diperpanjang cuma 3 hari, kalau tetap kurang dari 3 proses jalan terus. Syarat pendaftaran kan banyak, administrator mulai dari LHKPN, pajak tahunan, pernah menduduki jabatan terkait dengan lainnya," pungkas Surti.



Simak Video "Cerita Warga Korban Banjir Bandang di Semarang, Harta Benda Ludes"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)