Jokowi Minta Warga Pakai Masker Lagi, Ganjar: Kita Hati-hati Betul

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Senin, 11 Jul 2022 18:48 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Magelang, Senin (27/6/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Magelang, Senin (27/6/2022). (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Semarang -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan tentang kewajiban untuk memakai masker saat berkegiatan di luar ruangan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut hal itu sebagai kehati-hatian di tengah aktivitas yang mulai normal.

"Saya kira bagus ya (pesan Presiden) bagian dari prudent, kita hati-hati betul," kata Ganjar kepada detikJateng di rumah dinasnya, Puri Gedeh, Semarang, Senin (11/7/2022).

Ganjar menjelaskan kegiatan masyarakat mulai berangsur normal di tengah pandemi. Maka penggunaan masker seharusnya bukan merupakan hal berat sehingga masyarakat bisa melakukannya.


"Karena banyak aktivitas di masyarakat juga mulai anget, yuk bangun kesadaran diri kita untuk selalu pakai masker," ujarnya.

Saat ditanya terkait event-event yang sudah banyak digelar, Ganjar menjelaskan bisa tetap dilakukan namun sebisa mungkin membatasi jumlah pengunjung dan yang pasti harus memakai masker.

"Kami melihat terus bagaimana kondisi yang terjadi di setiap daerah. Maka kalau masih terkendali seperti ini ya tidak apa-apa (event dilaksanakan) tinggal jumlahnya saja dibatasi terus pakai masker," ujarnya.

Ganjar juga menjelaskan virus corona varian BA.4 dan BA.5 menurut ahli tidak seinfeksius varian lain tetap harus diwaspadai. Kondisi yang melandai seperti saat ini, tidak boleh membuat masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.

"Kita tidak boleh abai dan harus hati-hati, pakailah masker. Sebenarnya sesederhana itu saja dan untuk kesehatan kita sendiri ya mesti semuanya peduli," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, setelah sekitar dua bulan memberi pelonggaran, Presiden Jokowi kembali meminta masyarakat untuk memakai masker di luar ruangan, kemarin. Ia juga mengingatkan pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa COVID-19 masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," beber Jokowi dalam keterangannya, Minggu (10/7).



Simak Video "Ganjar Ingatkan Bahaya Nikah Dini: 'Ojo Kawin Bocah'"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)