Jadwal Buka Puasa Tarwiyah di Solo dan Sekitarnya, Jumat 8 Juli 2022

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 08 Jul 2022 14:11 WIB
Jadwal buka puasa Tangerang hari ini sudah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hari ini merupakan waktu terakhir berbuka puasa di bulan Ramadan 2022.
Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadiia Cherenkova
Solo -

Pemerintah telah menetapkan Hari Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022. Meski ada perbedaan keputusan dengan Muhammadiyah yang akan merayakan Idul Adha pada Sabtu, namun masing-masing saling menghormati perbedaan tersebut.

Umat Muslim disunahkan untuk menjalani puasa tarwiyah pada dua hari menjelang Idul Adha. Dengan demikian, masyarakat yang mengikuti jadwal Idul Adha pemerintah melaksanakan puasa itu pada Jumat (8/7) ini.

Bagi warga di Kota Solo dan sekitarnya, berikut ini detikJateng menyajikan jadwal azan magrib yang sekaligus menjadi penanda berbuka puasa.


Jadwal azan magrib ini dikutip dari https://bimasislam.kemenag.go.id/. Berikut ini jadwalnya:

Kota Solo

Azan Magrib: 17.36 WIB
Azan Isya: 18.50 WIB

Boyolali

Azan Magrib: 17.37 WIB
Azan Isya: 18.51 WIB

Karanganyar

Azan Magrib: 17.36 WIB
Azan Isya: 18.49 WIB

Klaten

Azan Magrib: 17.37 WIB
Azan Isya: 18.51 WIB

Sragen

Azan Magrib: 17.36 WIB
Azan Isya: 18.49

Sukoharjo

Azan Magrib: 17.36 WIB
Azan Isya: 18.50 WIB

Wonogiri

Azan Magrib: 17.35 WIB
Azan Isya: 18.49 WIB

Adapun ibadah puasa tarwiyah ini banyak dikerjakan oleh umat muslim. Meskipun, ada ulama yang mengatakan bahwa dalil untuk ibadah ini lemah.

Dikutip dari detikEdu, menurut Muhammad Ajib Lc dalam bukunya Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah, meskipun tidak ada syariat mengenai puasa Tarwiyah, sebenarnya puasa tersebut sudah termasuk dalam puasa sunah delapan hari sebelum Arafah.

Rasulullah SAW diketahui biasa mengerjakan puasa selama sembilan hari pertama Zulhijah, sebagaimana disebutkan dalam riwayat berikut ini,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis," (HR. Abu Dawud).



Simak Video "Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah Jelang Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)