7 Jurusan Paling Diminati Anak IPA di SNMPTN 2021, Apa Saja?

Trisna Wulandari - detikEdu
Minggu, 23 Jan 2022 19:00 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Buat referensi SNMPTN 2022, cek jurusan paling diminati anak IPA di SNMPTN 2021 berikut. Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Detikers sedang mempertimbangkan masuk prodi saintek untuk ikut SNMPTN 2022? Sebelum memilih prodi tujuan, ada baiknya cek referensi jurusan yang paling diminati siswa IPA di SNMPTN 2021.

Prodi saintek di SNMPTN punya banyak ragam dan bidang ilmu, mulai dari kedokteran, kesehatan masyarakat, teknik, psikologi, biologi, kelautan, geologi, sampai informatika. Berdasarkan data SNMPTN 2021 Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), berikut jurusan yang cenderung disukai siswa IPA.

Jurusan Paling Diminati Siswa IPA

1. Informatika

Mahasiswa Informatika di antaranya mempelajari analisis dan pengembangan perangkat lunak, sistem operasi, artificial intelligence, perancangan basis data, dan arsitektur jaringan. Dikutip dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB), jurusan Informatika merupakan salah satu jalan untuk menekuni ke bidang profesi software engineer, system analyst, database engineer, programmer, hingga game developer.

2. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer menawarkan perkuliahan yang mencakup algoritma dan pemrograman, matematika diskret, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, serta sistem cerdas, seperti dikutip dari laman Universitas Indonesia (UI).

Di prodi Ilmu Komputer UI, mahasiswa bisa memilih mata kuliah terapan di beberapa peminatan. Contoh, bidang minat Komputasi Ilmiah meliputi pengolahan citra hingga machine learning, sementara Arsitektur Komputer dan Embedded Systems mencakup rancangan sistem digital. Bidang minat Teknologi Perangkat Lunak, meliputi kriptografi dan keamanan informasi, sistem interaksi, metode formal dan teknik kompilator.

3. Kedokteran

Mahasiswa Kedokteran umumnya mengikuti rangkaian perkuliahan pendidikan dokter, tutorial, praktikum, seminar, tugas, kerja lapangan, penelitian akhir, junior clerkship, dan ujian. Setelah lulus sebagai sarjana kedokteran, tersedia pilihan untuk lanjut program studi profesi, lalu lanjut prodi dokter spesialis atau program magister dan doktor, seperti dikutip dari laman Universitas Padjajaran (Unpad).

4. Gizi

Jurusan Gizi juga termasuk jurusan favorit dari rumpun kedokteran dan kesehatan, termasuk di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dikutip dari laman UGM, mahasiswa Gizi dan Kesehatan menekuni bidang gizi masyarakat dan manajemen penyelenggaraan makanan untuk memecahkan masalah gizi di tingkat nasional dan internasional. Lulusan jurusan Gizi dapat lanjut kuliah program Pendidikan Profesi Dietisien atau Profesi Gizi.

5. Keperawatan

Jurusan Keperawatan atau pendidikan Ners merupakan program pendidikan akademik profesional yang terdiri dari tahap akademik dan profesi di UI. Dikutip dari laman UI, lulusan bergelar S.Kep melanjutkan pendidikan profesi untuk mencapai kompetensi perawat dan gelar Ners. Perawat juga dapat lanjut kuliah magister, spesialis, dan doktoral, yang mencakup disiplin ilmu keperawatan dasar, medikal bedah, maternitas, jiwa, komunitas, dan anak.

6. Farmasi

Mahasiswa Farmasi dipersiapkan untuk menguasai ilmu pembuatan obat baik dari bahan alam maupun sintetik dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. Dikutip dari laman UI, para lulusan yang berprofesi di bidang farmasi sebelumnya belajar tentang identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, analisis dan standardisasi obat dan bahan obat, serta cara distribusi, penyimpanan dan penggunaan yang tepat dan aman.

Di Universitas Airlangga (Unair), Fakultas Farmasi berubah nama jadi Program Pendidikan Apoteker sejak 2013. Program ini merupakan kesatuan pendidikan sarjana dan profesi apoteker.

7. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika salah satunya ditawarkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mahasiswa departemen Teknik Informatika ITS belajar pemrosesan informasi dan rekayasa sistem, terapan dari sains informasi yang mempertimbangkan interaksi antara manusia dan informasi pada konstruksi antar muka, teknologi, dan sistem.

Untuk mengakomodasi masyarakat dan organisasi dalam pemrosesan informasi, mahasiswa belajar ilmu informatika dari segi komputasi, matematika, biologi, kognitif, dan aspek sosial, termasuk studi terhadap dampak sosial dari teknologi informasi.

Gimana detikers, apakah prodi incaran kamu termasuk dalam daftar jurusan yang paling diminati siswa IPA?



Simak Video "Irma Chaniago Soroti 2500 Dokter yang Tak Lolos Uji Kompetensi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia