Intip Jurusan Rumpun IPA dan IPS Berprospek Tinggi, Pilihan Profesi Luas!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 23 Jan 2022 10:00 WIB
Ilustrasi bisnis digital
Ilustrasi profesi lulusan Teknologi Bisnis Digital. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Ada sederet jurusan dari rumpun IPA atau Sains dan Teknologi (Saintek) hingga IPS atau Sosial dan Humaniora (Soshum) yang dinilai memiliki prospek cerah dan menjanjikan. Siswa yang hendak mendaftar SNMPTN 2022 boleh banget simak informasinya.

Beberapa jurusan kuliah yang masuk dalam daftar ini bahkan disebut dalam laporan World Economic Forum (WEF) tentang The Future of Jobs Report 2020. Lulusannya diprediksi memiliki peluang kerja hingga tahun 2030 mendatang.

Selain dari laporan WEF, detikEdu juga merangkum jurusan yang berprospek menjanjikan dari situs lowongan kerja skala internasional Indeed. Nah, kira-kira jurusan apa saja ya yang dimaksud tersebut?

A. Jurusan Rumpun IPA atau Saintek

1. Jurusan teknologi sains data

Lulusan jurusan ini diprediksi bakal dicari oleh perusahaan pada 5-10 tahun mendatang. Selama kuliah, mahasiswa akan banyak belajar seputar Big Data atau data skala besar.

Sejumlah universitas di Indonesia sudah banyak yang membuka jurusan ini. Mulai dari Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, IPB University, hingga Binus University.

2. Jurusan data science dan artificial intelligence

Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, jurusan yang banyak dibutuhkan sejumlah perusahaan adalah Data Science dan Artificial Intelligence. Mahasiswanya dituntut mempelajari seputar produk inovasi dengan menggunakan ilmu komputer. Biasanya jurusan ini tergabung dalam Informatika.

Calon mahasiswa dapat mengambil jurusan yang berhubungan dengan Data Science dan Artificial Intelligence di Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, hingga Universitas Surabaya.

3. Jurusan teknik informatika

Selanjutnya ada Teknik Informatika yang mirip dengan jurusan sebelumnya. Jurusan ini mempelajari ilmu yang lebih luas lagi terkait teknologi komputer dan banyak bertemu dengan matematika.

Jurusan Teknik Informatika tersedia di berbagai perguruan tinggi. Bahkan, hampir semua perguruan tinggi negeri di Indonesia membuka jurusan ini.

4. Jurusan sistem informasi

Masih seputar data digital, jurusan Sistem Informasi dapat menjadi rekomendasi bagi detikers yang ingin berkarier di bidang digital lima sampai 10 tahun mendatang. Topik berkenaan sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras yang berhubungan dengan data merupakan materi yang akan dipelajari mahasiswanya.

Beberapa perguruan tinggi dengan jurusan Sistem Informasi, antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga.

5. Jurusan industrial robotic design

Ternyata, pekerja dengan latar pendidikan Industrial Robotic Design bakal banyak dicari di masa mendatang. Setelah lulus, mahasiswa bisa berkarier sebagai Process Automation Specialist.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini antara lain, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

B. Jurusan Rumpun IPS atau Soshum

1. Jurusan manajemen dan bisnis

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari tentang ilmu manajemen, analisis bisnis, dan kewirausahaan yang tentunya dibutuhkan di dunia industri. Jadi, masih banyak dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan.

Beberapa perguruan tinggi terbaik yang membuka jurusan Manajemen dan Bisnis di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, IPB University, hingga Binus University.

2. Jurusan digital marketing

Tidak bisa dipungkiri mahasiswa lulusan jurusan Digital Marketing bakal laku di pasar tenaga kerja. Lulusannya dituntut untuk memiliki kemampuan strategi pemasaran digital, optimalisasi media sosial, hingga analisis pasar.

Jurusan ini tersedia di sejumlah universitas, seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Ciputra, hingga Universitas Prasetya Mulya. Jurusan serumpun yang dibutuhkan antara lain Manajemen, Ilmu Bisnis, Statistika, Matematika Bisnis, dan Ilmu Komunikasi.

3. Jurusan teknologi bisnis digital

Di era digital ini, tentu menjadi peluang yang menjanjikan bagi lulusan Teknologi Bisnis Digital. Mahasiswanya mempelajari seputar bisnis digital yang berkaitan dengan marketplace, big data, hingga kecerdasan buatan.

Jurusan Teknologi Bisnis Digital biasanya banyak tersedia di universitas swasta. Mulai dari Universitas Prasetya Mulya hingga Universitas Multimedia Nusantara.

4. Jurusan administrasi publik

Selanjutnya jurusan IPS yang memiliki peluang kerja tinggi adalah Administrasi Publik. jurusan ini diperuntukkan bagi siswa yang menyukai gagasan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan publik melalui keterampilan administrasi dan organisasi mereka.

Mata kuliah utama yang akan dipelajari dalam kelas jurusan Administrasi Publik adalah gabungan antara ilmu politik, pemerintahan, kebijakan, hingga sosiologi. KAmu bisa mempelajari jurusan ini di Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, hingga Universitas Gadjah Mada.

5. Jurusan hubungan internasional

Bagi kamu yang tertarik dengan permasalahan dan dinamika negara-negara di dunia, jurusan Hubungan Internasional jawabannya. Program studi ini melibatkan topik-topik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tidak mengherankan pula, jurusan Hubungan Internasional menjadi salah satu yang paling diminati lulusan SMA. Pekerjaan yang sering ditemukan bagi lulusan jurusan hubungan internasional di antaranya adalah duta besar, diplomat, staf kantor internasional, wartawan, jurnalis, hingga peneliti.

Jurusan Hubungan Internasional bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi negeri seperti, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, atau pun Universitas Jember.

Jadi, mana nih, pilihan kamu, detikers?

(rah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia