7 Kota Bawah Air di Dunia Nyata, Ada di China hingga Rusia

7 Kota Bawah Air di Dunia Nyata, Ada di China hingga Rusia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 14 Nov 2022 13:00 WIB
kota bawah laut
Foto: (izi-travel.com)/Port Royal Jamaika
Jakarta -

Pernah menonton film Aquaman yang memiliki kota di bawah air laut? Ternyata di dunia nyata, memang ada beberapa kota di bawah air. Kota-kota tersebut ada di negara China, Spanyol, hingga Rusia.

Keberadaan kota di bawah air kebanyakan adalah bagian dari sejarah masa lalu. Beberapa reruntuhan perairan, rusak akibat gempa bumi sehingga tempat tersebut akhirnya berada di bawah laut.

Dikutip dari Business Insider, berikut ini desa dan kota bawah air yang ada di dunia nyata.


7 Kota Bawah Air yang Ada di Dunia:


1. Shicheng, China

Kota Chun'an dan Sui'an pernah ada di China hingga pada tahun 1957 terendam di bawah perairan Danau Qiandao.

Reruntuhan kota bisa berada di bawah air karena pemerintah memutuskan untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di daerah tersebut, menurut National Geographic.

Saat ini tempat tersebut telah berhenti menghasilkan energi dan menjadi tujuan wisata. Tempat tersebut dikenal juga sebagai Danau Kepulauan Seribu.

2. Sant Romà de Sau, Spanyol

Di sebuah kota Barcelona di Catalonia terdapat sebuah desa bernama San Romà de Sau yang seluruhnya terendam air. Desa itu awalnya memiliki rumah, jembatan, dan gereja Romawi.

Wilayah tersebut dijadikan waduk pada tahun 1960-an. Kini hanya terlihat menara lonceng gereja San Romà de Sau yang muncul dari air saat waduk tidak dalam kapasitas penuh.

3. Mediano, Spanyol

Tidak hanya San Romà de Sau, Spanyol juga memiliki desa lain yang terendam air akibat pembangunan waduk. Desa itu adalah Mediano yang terletak di Huesca dan terendam pada tahun 1969.

4. The Lost Villages of Ontario, Canada

Tidak hanya satu atau dua wilayah, The "Lost Villages" di Ontario ini mencakup total 10 kota. Semua kota ini adalah bekas kotamadya Cornwall dan Osnabruck. Kota-kota tersebut terendam karena dibangun saluran air pada tahun 1958.

5. Pavlopetri, Yunani

Pavlopetri menjadi kota bawah air tertua dalam sejarah. Kota yang terletak di pantai selatan Lakonia Yunani ini telah terendam air sekitar 5.000 tahun yang lalu. Situs arkeologi reruntuhan kota telah ditemukan sejak tahun 1967.

6. Port Royal, Jamaika

Desa yang berada di kota Kingston ini menjadi salah satu wilayah tertua di Jamaika. Namun, sebagian wilayah pelabuhan tersebut telah terendam di bawah laut.

Selama abad ke-17, Port Royal berfungsi sebagai pusat pemerintahan Inggris di Jamaika. wilayah tersebut terendam akibat tsunami yang terjadi pada tahun 1692.

7. Kalyazin, Rusia

Reruntuhan Kalyazin di Rusia terkenal dengan lanskap menara tempat lonceng yang bergantung di katedralnya yang berada di atas air

Kota ini sempat menjadi pusat komersial yang penting dan kehilangan kekuasaan. Akibatnya, pada tahun 1940, dibangun waduk Úglich yang membuat sebagian besar kota terendam dan penduduknya dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

Nah, itulah beberapa kota bawah air yang ada di dunia nyata. Apakah detikers tertarik mengunjunginya?



Simak Video "Penampakan 2.500 Anjing Laut yang Mati Misterius di Pantai Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia