Ditemukan! Gorong-gorong Besar di Bawah Kuil Mesir Kuno

Ditemukan! Gorong-gorong Besar di Bawah Kuil Mesir Kuno

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikEdu
Kamis, 10 Nov 2022 10:30 WIB
Penemuan gorong-gorong di bawah kuil Mesir kuno (FB Kementerian Pariwisata & Benda Antik Mesir)
Foto: Penemuan gorong-gorong di bawah kuil Mesir kuno (FB Kementerian Pariwisata & Benda Antik Mesir)
Alexandria -

Gorong-gorong besar ditemukan di bawah kuil Mesir kuno. Gorong-gorong itu diperkirakan menyalurkan air ke ribuan orang selama masa kejayaannya.

Gorong-gorong itu ditemukan tim arkeologi Mesir-Republik Dominika di bawah sebuah kuil di kota kuno Taposiris Magna, sebelah barat Alexandria, dilansir Live Science, Selasa (8/11/2022).

Kementerian Pariwisata dan Benda Antik Mesir mengumumkan penemuan ini dalam laman Facebook-nya pada 4 November 2022 lalu. Dideskripsikan bahwa gorong-gorong yang ditemukan itu sepanjang 1.305 meter, dengan ketinggian 2 meter. Gorong-gorong itu ditemukan di kedalaman 20 meter di bawah tanah.

Uniknya, bentuk gorong-gorong ini mirip sekali dengan gorong-gorong kuno yang ditemukan di Yunani.

"[Ini] adalah replika yang tepat dari Terowongan Eupalinos di Yunani, yang dianggap sebagai salah satu pencapaian rekayasa paling penting dari zaman kuno," kata Kathleen Martínez, direktur tim arkeolog gabungan ini.

Kanal Eupalinos, di Samos, sebuah pulau Yunani di Laut Aegea timur, juga berfungsi sebagai gorong-gorong yang mengalirkan air.

Arkeologi kuil Taposiris Magna sangat kompleks. Beberapa bagiannya terendam air dan kuil telah dilanda banyak gempa bumi sepanjang sejarah keberadaannya, menyebabkan kerusakan yang luas.

Terowongan di Taposiris Magna berasal dari periode Ptolemeus (304 SM hingga 30 SM), saat Mesir kuno diperintah oleh dinasti raja yang diturunkan dari salah satu jenderal Alexander Agung.

Temuan di dalam gorong-gorong termasuk dua ukiran kepala pualam: salah satunya kemungkinan menggambarkan seorang raja, dan yang lainnya mewakili orang berpangkat tinggi lainnya.

"Identitas pasti mereka tidak diketahui. Koin dan sisa-sisa patung dewa Mesir juga ditemukan di terowongan," kata Martinez.

Martinez memaparkan, pada saat terowongan dibangun, Taposiris Magna memiliki populasi antara 15.000 dan 20.000 orang. Gorong-gorong itu dibangun di bawah sebuah kuil yang menghormati Osiris, dewa Mesir kuno dari dunia bawah, dan Isis, dewi Mesir yang merupakan istri Osiris.

Para arkeolog sebelumnya menemukan tumpukan koin yang dicetak dengan wajah Cleopatra VII di kuil Mesir kuno ini. Penggalian di Taposiris Magna dan analisis artefak dari situs sedang berlangsung.



Simak Video "Tempe hingga Perkedel Bikin Heboh Paviliun Indonesia di COP27 Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(nwk/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia