Nama Nenek Nabi Muhammad SAW dari Nasab Ayahnya

Nama Nenek Nabi Muhammad SAW dari Nasab Ayahnya

Kristina - detikEdu
Minggu, 09 Okt 2022 06:00 WIB
ilustrasi nabi muhammad
Ilustrasi nenek Nabi Muhammad SAW dari nasab ayahnya. Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW adalah putra dari Abdullah bin Abdul Muththalib dan Aminah binti Wahb. Keduanya merupakan pasangan dari nasab mulia.

Mengutip Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam sebagaimana diterjemahkan Fadhli Bahri, ayah Nabi Muhammad SAW, Abdullah, merupakan anak dari Abdul Muththalib bin Hasyim dan Fathimah binti Amr. Sehingga, nenek Nabi Muhammad SAW adalah Fathimah binti Amr jika ditarik dari nasab ayahnya.

Abdullah memiliki saudara laki-laki Al-Abbas, Hanzah, Abu Thalib yang nama aslinya adalah Abu Manaf, Az-Zubair, Al-Harts, Hajl, Al-Muqawwim, Dhirar, dan Abu Lahab dengan nama asli Abdul Uzza.

Ayahnya Nabi Muhammad SAW tersebut juga punya saudara perempuan bernama Shafiyyah, Ummu Hakim Al-Baidha', Atikah, Umaimah, Arwa, dan Barrah.

Nasab Nabi Muhammad dari Pihak Ayah

Disebutkan dalam Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad yang disusun oleh Moenawar Khalil, nasab Nabi Muhammad SAW dari pihak ayah adalah Muhammad bin Abdullah, bin Abdul Muththalib, bin Hasyim, bin Abdu-Manaf, bin Qushayyi, bin Kilab, bin Murrah, bin Ka'ab, bin Luayyi, bin Ghalib, bin Fihr, bin Malik, bin Nadhar, bin Kinanah, bin Khuzaimiah, bin Mudrikah, bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma'ad, bin Adnan.

Menurut sebuah riwayat, apabila beliau SAW menceritakan nasabnya sampai kepada Adnan, beliau berhenti lalu bersabda, "Dusatalah orang-orang yang membuat-buat nasab (silsilah) sesudah itu, walaupun mereka itu benar."

Ibnu Abbas berkata, "Rasulullah SAW apabila menceritakan nasabnya, tidaklah melebihi dalam menceritakan nasabnya dari Ma'ad bin Adnan bin Udad, kemudian beliau berhenti dan bersabda, 'Dustalah orang-orang yang membuat-buat nasab.'" (HR Ibnu Sa'ad dan Ibnu Asakir)

Imam Bukhari juga meriwayatkan dalam kitab shahihnya, nasab Nabi Muhammad SAW adalah sampai kepada Adnan.

Nasab Nabi Muhammad dari Pihak Ibu

Nabi Muhammad SAW lahir dari rahim wanita mulia dari kalangan Quraisy, Aminah binti Wahb. Di kalangan suku tersebut, Aminah merupakan wanita yang paling baik dari nasab dan kedudukannya.

Nasab Rasulullah SAW dari pihak ibu adalah Muhammad bin Aminah, binti Wahbin, bin Abdi Manaf, bin Zuhrah, bin Kilab, bin Murrah, bin Ka'ab, bin Luayyi, bin Ghalib, bin Fihr, bin Malik, bin Nadhar, bin Kinanah, bin Khuzaimah, bin Mudrikah, bin Ilyas, bin Mudhar, bin Nizar, bin Ma'ad, bin Adnan.

Moenawar Khalil menjelaskan dalam tarikh-nya, nasab Nabi Muhammad SAW dari pihak ayah dan ibunya bertemu pada nenek yang kelima dari pihak ayah.

"Jelaslah bahwa silsilah Nabi SAW dari pihak ayahnya dan ibunya bertemu pada nenek yang kelima dari pihak ayah, yaitu Kilab bin Murrah karena Kilab mempunyai dua orang anak laki-laki, masing-masing bernama Qushayyi dan Zurah," jelasnya.

"Qushayyi itulah yang menurunkan Abdullah dan Zuhrah itulah yang menurunkan Aminah. Jadi, Abdullah dan Aminah adalah satu bangsa (bangsa Quraisy) dalam satu negeri (Hijaz) dan dalam satu keturunan yang dekat sekali," imbuhnya.



Simak Video "Jual Parsel Buah-buahan, Pedagang Lumajang Raih Untung 10 Kali Lipat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia