Waktu Mustajab untuk Berdoa bagi Orang yang Berpuasa

Kristina - detikEdu
Senin, 08 Agu 2022 17:00 WIB
Hijab women and a man pray together before meals, a fast breaking meal served on a table in backyard
Ilustrasi berdoa sebelum berbuka puasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Salah satu fadilah orang yang berpuasa adalah memiliki doa yang tidak tertolak. Menurut sebuah hadits, waktu mustajab untuk berdoa bagi mereka adalah ketika berbuka.

Hadits ini bersumber dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda,

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat." (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Hadits hasan.)

Abdullah bin 'Amr bin 'Ash juga meriwayatkan, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa, pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak." (HR Ibnu Majah)

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi mengatakan dalam Fi Rihabis Sunnah yang diterjemahkan Muhamad Yasir, perawi hadits tersebut, Abdullah bin 'Amr, terbiasa mengumpulkan anak-anaknya ketika hendak berbuka puasa dan berdoa kepada Allah SWT.

Salah satu doa yang sering ia panjatkan adalah, "Ya Allah, aku memohon dengan rahmat-Mu yang luas dan meliputi segala sesuatu, ampunilah aku." (HR Ibnu Majah)

Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi menjelaskan lebih lanjut, orang yang berpuasa sangat dekat jaraknya untuk dikabulkan, besar harapan untuk diijabah. Waktu mustajab untuk berdoa ini terlebih ketika di penghujung hari berpuasa atau saat berbuka.

Dalam hal ini, Allah SWT juga menyelipkan ayat tentang doa. Dia berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ ١٨٦

Artinya: "Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS Al Baqarah: 186)

Ayat-ayat sebelumnya berbicara tentang hukum, lalu diiringi hukum puasa. Setelah itu, ada ayat yang menjelaskan tentang i'tikaf yang berkaitan dengan puasa.

"Semua ini memotivasi orang-orang beriman agar berdoa kepada Allah pada saat mereka sedang menjalankan ibadah puasa dan berdoa saat hendak berbuka puasa," jelas Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi.

Selain saat berbuka, waktu mustajab untuk berdoa bagi orang yang berpuasa adalah ketika sahur. Pendapat ini bersandar pada sebuah hadits yang bersumber dari Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Bahkan merujuk pada hadits lainnya, sepanjang waktu puasa adalah waktu mustajab untuk berdoa. Mengenai doa yang dipanjatkan, Imam an-Nawawi menjelaskan,

"Dianjurkan bagi orang yang berpuasa untuk berdoa sepanjang waktu puasanya (selama ia berpuasa) dengan doa-doa yang sangat penting bagi urusan akhirat dan dunianya, bagi dirinya, dan bagi orang yang dicintai dan untuk kaum muslimin," ucapnya seperti dikutip Abdillah F. Hasan dalam buku 400 Kebiasaan Keliru dalam Hidup Muslim.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia