Doa Buka Puasa Tasua dan Asyura, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Minggu, 07 Agu 2022 17:00 WIB
Hijab women and a man pray together before meals, a fast breaking meal served on a table in backyard
Ilustrasi doa buka puasa Tasua dan Asyura. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Tahun baru Islam 1444 Hijriah telah dirayakan Sabtu, (30/7) lalu. Memasuki bulan Muharram, mulai hari ini ada dua ibadah sunnah yang bisa muslimin kerjakan, yaitu puasa Tasua dan Asyura.

Puasa Tasua dan Asyura jatuh pada 9-10 Muharram. Jika dilihat pada kalender Masehi, maka kedua ibadah ini bisa dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2022.

Dalam buku Panduan Muslim Sehari-hari oleh Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha, puasa sunnah Tasua dan Asyura sama-sama memiliki keutamaan menghapus dosa selama satu tahun.

Keutamaan ibadah sunnah ini disebutkan dalam hadits Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Bagi kaum muslimin yang mengerjakan kedua puasa tersebut mulai hari ini, tentunya perlu mengetahui juga bagaimana bacaan doa buka puasa Tasua dan Asyura. Simak bacaannya dalam bahasa Arab, latin, sekaligus artinya.

Doa Buka Puasa Tasua dan Asyura

Untuk membatalkan puasa, bacaan doa berbuka puasa yang bisa diucapkan adalah:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan latin: Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: "Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah," (HR Abu Daud).

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, puasa Tasua akan diikuti dengan puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2022 besok. Sebagai pengingat, cek kembali bacaan niatnya.

Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala"

Berdasarkan arsip detikHikmah, hari Asyura amat diistimewakan umat beragama. Bangsa Yahudi memulikannya dengan cara puasa sehari penuh.

Sementara, umat muslim berpuasa pada hari tersebut sebagai wujud menghormati kemenangan yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Musa AS. Hal itu dilandasi dari hadits oleh Ibnu Abbas yang berbunyi:

"Ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura. Beliau bertanya, 'Hari apa ini?' Mereka menjawab, 'Hari yang baik, hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa pun berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur kepada Allah. Akhirnya, Nabi Muhammad SAW. bersabda, 'Kami (kaum muslimin) lebih layak menghormati Musa daripada kalian.' Kemudian, Nabi Muhammad SAW berpuasa dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa." (HR Muslim)

Demikian bacaan doa berbuka puasa Tasua dan Asyura. Selamat menjalankan ibadah puasa, detikers!



Simak Video "Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Masjid Baru di Markas Partai"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia