Ucapan Cepat Sembuh dalam Islam dan Doanya Lengkap

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 02 Agu 2022 06:00 WIB
Asian muslim girl worried of her father being sick in hospital, she holds her fathers hand and pray for his health, family health insurance concept
Ilustrasi. Ini deretan ucapan cepat sembuh dalam Islam untuk orang yang sakit. (Getty Images/iStockphoto/airdone)
Jakarta -

Ucapan cepat sembuh dalam Islam dapat disampaikan kepada keluarga atau kerabat yang sakit melalui pesan teks, chatting, atau media sosial. Ucapan juga bisa disampaikan langsung saat menjenguk orang sakit.

Menjenguk orang sakit sendiri termasuk dalam amalan yang dimuliakan Rasulullah SAW dalam haditsnya,

مَنْ عَادَ مَرِيضًا أَو زَارَ أَخًا لَهُ فِي الله، نَادَاهُ مُنَادٍ: بِأَنْ طِبْتَ، وَطَابَ مَمْشَاكَ، وَتَبَوَّأتَ مِنَ الجَنَّةِ مَنْزِلاً

Artinya: "Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka (malaikat) dari langit memanggil, 'berbahagialah kamu dan sungguh baik langkahmu dan engkau menempati sebuah rumah di surga." (HR Ibnu Majah).

Islam identik dengan bahasa dan huruf Arab seperti yang digunakan dalam Al-Qur'an maupun bacaan doa. Ucapan cepat sembuh dalam Islam bisa menggunakan istilah bahasa Arab sebagai berikut.

Ucapan Cepat Sembuh dalam Islam untuk Laki-laki dan Perempuan

1. Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu (untuk laki-laki) secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

2. Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu (untuk perempuan) secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

3. Syafahullah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu (untuk laki-laki yang tidak berada di tempat secara langsung dengan pembicara) secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

4. Syafahallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu (untuk perempuan yang tidak berada di tempat secara langsung dengan pembicara) secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

3. Allahuma robbannas, adz-hibil ba'sa isyfi antasy-syafi la syifa'a lilla syifa'uka syifaan la yughadiru saqoman.

Artinya: Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkan semua sakit ini, berilah kesembuhan, hanya Engkau yang mampu memberi kesembuhan. Tiada kesembuhan selain dariMu. Sembuh yang sempurna yaitu tidak terkena sakit lagi.

4. Imsahil ba'sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā'u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: Hilangkanlah penyakit wahai Tuhan segala manusia. Di tanganMu kesembuhan. Tak ada yang menghilangkan penyakit, selain dari padaMu sendiri.

5. Bismillah turbatu ardlina biriqoti ba'dlina yusyfa saqimuna bi'idzni robbina.

Artinya: Atas nama Allah tanah kami dengan sedikit ludah kami, semoga disembuhkan orang sakit ini atas izin Allah.

6. Allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan.

Artinya: Ya Allah, sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia. (HR. Muslim).

Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Alangkah lebih afdal bila menjenguk orang sakit tidak hanya diberi ucapan cepat sembuh dalam Islam https://www.detik.com/tag/ucapan-untuk-orang-sakit-supaya-cepat-sembuh namun juga didoakan agar penyakitnya segera diangkat oleh Allah SWT. Bacaan doanya dapat dinukil dari contoh Rasulullah saat meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Bacaan latin: Imsahil ba'sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā'u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,"

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga memberi contoh doa untuk orang sakit dengan menyebutkan nama orang yang bersangkutan. Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Bacaan latin: Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa 'āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya, "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,"

Dikutip dari buku Sakit Menguatkan Iman karya Ali Yafie, rasa sakit yang diderita muslim sebenarnya termasuk salah satu ujian yang ditimpakan Allah SWT. Allah SWT menjanjikan bahwa sakit yang dideritanya merupakan momen untuk melunturkan dosa-dosa sebelumnya.

Keterangan ini didasarkan dari hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abillah. Ia berkata,

"Bahwasanya Rasulullah SAW datang berkunjung ke rumah Ummu Saib atau Ummu Musayyab, maka beliau bertanya: "Sakit apa kamu sampai menggigil begitu?"

Ummu Saib menjawab, "Demam! yang Allah Ta'ala tidak memberi berkah dengannya,"

Nabi SAW bersabda, "Janganlah kamu menyalahkan penyakit karena penyakit itu dapat menghilangkan kesalahan (dosa-dosa) anak Adam, seperti halnya Kir (alat peniup atau penyala api) membersihkan karat-karat besi," (HR Muslim).

Jadi, jangan lupa sampaikan ucapan cepat sembuh dalam Islam dan doanya bagi kerabat yang sedang sakit ya, detikers. Semoga ucapan dan doa bagi mereka dapat membantu untuk menggugurkan dosa-dosa yang diperbuat. Aamiin.



Simak Video "Kebakaran Rumah Sakit Jiwa Solo Akibatkan 2 Pasien Tewas!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia