9 Doa Ketika Sakit, Pelajar Bisa Baca Ini agar Cepat Sembuh

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 18:00 WIB
Recovering Little Child Lying in the Hospital Bed Sleeping, Her Hand Falls into Mothers and She Holds it Comfortingly. Focus on the Hands. Emotional Family Moment.
Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff/9 Doa Ketika Sakit, Pelajar Bisa Baca Ini agar Cepat Sembuh
Jakarta - Pelajar pernah merasa tidak enak badan? Nah, jangan panik. Rasulullah SAW sudah mengajarkan doa ketika sakit dalam beberapa haditsnya.

Dikutip dari buku Sakit Menguatkan Iman karya Ali Yafie, rasa sakit yang diderita muslim sebenarnya ujian paling ringan yang ditimpakan Allah SWT. Ujian jasmani ini untuk menguji kesabaran dan kerelaan hambaNya dalam menerima takdir.

Bagi yang 'lulus' dalam ujian ini, Allah SWT telah menjanjikan bahwa sakit yang dideritanya merupakan momen untuk melunturkan dosa-dosa sebelumnya. Sebagaimana diriwayatkan dari Jabir bin Abillah, ia berkata,

"Bahwasanya Rasulullah SAW datang berkunjung ke rumah Ummu Saib atau Ummu Musayyab, maka beliau bertanya: "Sakit apa kamu sampai menggigil begitu?"

Ummu Saib menjawab, "Demam! yang Allah Ta'ala tidak memberi berkah dengannya,"

Nabi SAW bersabda, "Janganlah kamu menyalahkan penyakit karena penyakit itu dapat menghilangkan kesalahan (dosa-dosa) anak Adam, seperti halnya Kir (alat peniup atau penyala api) membersihkan karat-karat besi," (HR Muslim).

Untuk tetap menguatkan iman kita selama sakit, kita juga bisa membaca doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat beliau tengah menderita sakit. Berikut ini kumpulan doa ketika sakit yang bisa dibaca penderita atau pun orang yang menjenguknya.

9 doa ketika sakit sesuai sunnah Rasulullah SAW


1. Doa meminta kesembuhan untuk diri sendiri

Menurut buku Untukmu Yang Sedang Sakit: Tata Cara Bersuci, Shalat, Doa & Dzikir Saat Sakit oleh Ammi Nur Baits, S.T., B.A, doa ini diriwayatkan dalam hadits Al Bukhari dan Muslim. Aisyah RA mengatakan Rasulullah SAW biasa membaca doa ketika sedang sakit sambil mengusap dengan tangan kanan dan membaca doa seperti berikut,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Bacaan latin: Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa'an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: "Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tidak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskan sakit dan penyakit."

2. Tiga surat pendek

Bukhari meriwayatkan dari Aisyah RA, saat Rasulullah SAW sakit ia membaca tiga surat pendek yakni, surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas sambil meniupkan ke tangan. Kemudian tangan tersebut diusapkan ke bagian tubuh beliau. Rasulullah SAW melakukan ini dengan diulangi hingga tiga kali.

3. Doa Nabi Ayyub ketika sakit

Nabi Ayyub AS membaca doa ini saat tengah menderita sakit yang amat parah sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Anbiya ayat 83,

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Bacaan latin: Rabbahū annī massaniyaḍ-ḍurru wa anta ar-ḥamur-rāḥimīn

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua Penyayang."

4. Doa ketika ada anggota tubuh yang sakit

Rasulullah SAW meletakkan tangannya di bagian tubuh yang sakit. Lalu membaca doa ini sebanyak 7 kali. Berikut bacaannya,

بِسْمِ اللّهِ ,بِسْمِ اللّهِ ,بِسْمِ اللّهِ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Bacaan latin: Bismillah, bismillah, bismillah. A'uudzu billahi wa qudratihii min syarri maa ajidu wa uhaa-dziru

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dengan kekuasaannya, dari keburukan yang aku jumpai dan aku khawatirkan."

5. Doa ditimpa sakit parah

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika tidak sanggup lagi menghadapi penderitaan yakni membaca doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ أحْيِني ما كانَتِ الحَياةُ خَيْراً لي، وَتَوَفَّنِي إذَا كَانَتِ الوَفاةُ خَيْراً لِي

Bacaan latin: Allahumma ahyinii maa kaanatil-hayaatu khoiral-lii, wa tawaffa-nii idzaa kaanatil-wafaatu khoiral-lii

Artinya: "Ya Allah, panjangkanlah usiaku jika hidup itu lebih baik dariku atau wafatkanlah aku, jika mati itu lebih baik bagiku."

Doa ketika sakit lainnya bisa klik di halaman Selanjutnya ya



Simak Video "Waspada Nyamuk Penyebab DBD Berkembang Biak Usai Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia